Uji Singkat Ford Fiesta EcoBoost 1.0L

Kompas.com - 24/02/2014, 18:40 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Tangerang, KompasOtomotif – Sebelum peluncuran hatchback Fiesta EcoBoost 1.0 liter, bulan depan (Maret), Ford Motor Indonesia (FMI) menggelar sesi test drive kilat untuk kalangan media, di lapangan Sunburst BSD, Tangerang, Senin (24/2/2014). Tes berlangsung cepat dan sederhana, 42 awak media bergantian menjajal mesin yang telah mendapatkan pengakuan internasional pada 2012-2013 tersebut. Test kali ini hanya untuk merasakan kemampuan akselerasi  dan efisiensi bahan bakar.

Sebelum dimulai, Christian Abraham Gandawinata, Product Launch Manager FMI menjelaskan, teknologi EcoBoost 1.0 liter memiliki kemampuan setara dengan mesin 1.6 liter mesin konvensional. Sementara fitur Eco Mode bisa digunakan sebagai acuan berkendara optimal untuk menghemat penggunaan bahan bakar.

“Teknologi EcoBoost 1.0 liter punya torsi 170 Nm mulai dari 1.700 rpm hingga 4.500 rpm, artinya tarikan awal pasti sangat terasa, mirip mesin diesel. Selain itu mesin ini juga mampu mengejar kecepatan maksimal seperti karakter mesin bensin,” urai Christian.

Ekonomis
Sesi  pertama, uji efisiensi. KompasOtomotif bersama satu instruktur dan dua rekan media lain. Sebelum menjelajah, Eco Mode diaktifkan, lalu mengemudi sejauh 7 km melewati rute yang telah ditentukan secara bergantian.

Fitur tersebut hanya sebatas memberikan informasi karakter pengemudi saat berkendara, tolok ukur berdasarkan bukaan gas. Perlu diketahui juga, pengukuran tidak real time, skor terbaik bila 5 lambang “kelopak bunga” terisi penuh, hasilnya bisa dilihat di layar monitor dashboard.

“Eco Mode bukan tombol sakti yang akan mengubah mobil menjadi super irit, tapi sistem ini mengimbau pengendara untuk terus fokus pada efisiensi berkendara,” jelas Christian. Meski singkat, sama sekali tidak terasa berkendara dengan mesin 3-silinder dari sisi suara dan getaran yang sangat minim terasa.

Akselerasi
Pengetesan berikutnya, akselerasi. Kali ini media secara bergantian menggeber mesin 3-silinder tersebut di lintasan lurus 335 m, kemudian melakukan pengereman saat mencapai 200 m. Saat pedal gas dibejek, mesin langsung merespon dengan baik. Butuh sekitar 9 detik, untuk melesat 100 kpj. Saat melakukan rem mendadak, teknologi ABS dan EBD bekerja dengan baik, membantu cengkraman ban di aspal.

“Sebenarnya tidak perlu banyak tenaga untuk mengerem, sekali sentuh mesin langsung merespon dengan engine brake,” ujar Gumgum Prijadi, Direktur Marketing FMI menambah penjelasan.

Fiesta adalah produk global, menurut Gumgum, tidak ada spesifikasi yang khusus dibedakan untuk Indonesia. Setiap konsumen yang memiliki mobil ini akan merasakan pengalaman berkendara seperti model yang dijual di negera-negara lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.