Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Teknisi Handal, Suzuki Siapkan Murid SMK

Kompas.com - 23/02/2014, 12:00 WIB
Roderick Adrian Mozes

Penulis

Tasikmalaya, KompasOtomotif - Sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tidak hanya memikirkan target penjualan tiap tahun. Hal ini dibuktikan melalui program Corporate Social Responbility (CSR) "Suzuki Peduli Pendidikan" dengan menyumbangkan 1 unit mesin APV 1.500, injection, dengan standar emisi euro 2, beserta paket gardan dan modul servis sebagai sarana praktik di SMK Negeri 3 Tasikmalaya. Donasi ini diterima langsung oleh Walikota Tasikmalaya, Budi Budiman, dalam acara KABAR (kumpul akbar) Wirausahawan di Graha Asia Plaza, Jalan Mustofa, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (22/2/2014).

Grup Leader 4 Wheels Training National PT SIS, Djoko Warsito mengatakan, hingga saat ini sudah disumbangkan masing-masing satu mesin, berikut gardan, dan modul kepada 20 SMK yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Manado, Kupang, hingga Ambon.

Bukan hanya memberikan mesin, namun ikut mendampingi murid dengan mendatangkan guru tamu dari Suzuki. Plus memberikan kesempatan pelatihan kepada guru-guru SMK, agar terus mendapatkan informasi terbaru mengenai teknologi mesin Suzuki.

Target
"Kita memiliki target sepanjang tahun 2014 ini, kami terus bisa memberikan bantuan mesin kepada 30 SMK lagi, jadi total kami menargetkan hingga akhir 2014 ada 50 SMK yang mendapatkan bantuan mesin dari Suzuki," kata Djoko.

Keseriusan memberikan pendampingan dan pelatihan tidak sekedar berbagi pengetahuan terbaru mengenai teknologi mesin, tapi juga menjadi wadah untuk melihat bibit-bibit teknisi handal yang setelah lulus SMK bisa langsung ditarik menjadi teknisi di Suzuki.

"Kami memang masih membutuhkan banyak teknisi. Mengingat permintaan pasar terus meningkat. Kemudian untuk menambah mutu pelayanan, kami terus mengembangkan dan membuka dealer resmi 3S (sales, service, dan spare parts) sehingga tenaga-tenaga teknisi yang handal memang kami butuhkan, untuk itulah kami tidak sekedar memberikan mesin untuk dipelajari tapi menyiapkan murid-murid SMK yang handal untuk siap bekerja di Suzuki," kata Djoko.

Ditambahkan, pihaknya masih membutuhkan 400 teknisi untuk disebar ke dealer-dealer resmi Suzuki. Jumlah itu akan dipenuhi secara bertahap hingga 2015. Karena itulah selain memberikan bantuan CSR, secara tidak langsung juga membuka lapangan pekerjaan.

Putera Daerah
Pada kesempatan yang sama, Makmur, 4 Wheels Marketing Brand Development Section Head PT SIS, mengatakan, untuk 2014 menargetkan akan membuka tujuh belas dealer yang tersebar di Indonesia. "Beberapa di antaranya yang sudah resmi dibuka ada di Surabaya, Bitung, Lemahabang, Bangka, dan dua dealer di Medan. Nah, dealer-dealer inilah nantinya yang akan menyerap teknisi-teknisi muda untuk dipoles menjadi teknisi handal," kata Makmur.

Makmur berharap dengan terpenuhinya jumlah kebutuhan teknisi, maka pelayanan bisa lebih baik dan cepat. "Bayangkan saja jika nanti sebuah mobil yang membutuhkan perawatan dipegang dua teknisi, maka tentu pekerjaan akan lebih cepat dan pelanggan akan puas. Nah nantinya teknisi itu akan diambil dari putera daerah, misal untuk dealer yang baru di buka di Bitung, nanti kita mengambil teknisinya dari Manado, atau contoh paling mudah adalah untuk dealer-dealer resmi di Jawa Barat, semua teknisinya berasal dari Bandung, Garut, Tasikmalaya dan Cirebon," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com