Kanibalisme Penjualan Mobil Kian Marak Tahun Ini

Kompas.com - 18/02/2014, 16:05 WIB
LCGC Agfya dan Ayla (Wigo untuk ekspor ke Filipina), menggunakan komponen lokal 88 persen Zulkifli BJLCGC Agfya dan Ayla (Wigo untuk ekspor ke Filipina), menggunakan komponen lokal 88 persen
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), Johnny Darmawan mengatakan, penjualan mobil baru tahun ini cenderung stagnan di level 1,2 juta unit. Kondisi ini justru membuat kanibalisme terjadi di dalam pasar antara satu segmen dengan yang lain.

"Pangsa pasar MPV dan SUV akan susut tahun ini karena mulai efektifnya penjualan model-model LCGC," jelas Johnny di Cibinong, Jawa Barat, Selasa (18/2/2014). 

Komposisi penjualan MPV dan SUV tahun lalu mencapai 60 persen terhadap total penjualan 1,229 juta unit. Tahun ini, jumlahnya akan berkurang 40-50 persen, termakan oleh segmen baru yang hadir di pasar. "Penurunan akan terjadi di MPV low, kelas Avanza dan sejenisnya. Termakan oleh penjualan LCCG," tukas Johnny.

Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari 2014, empat model LCGC, yakni Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Honda Brio Satya, dan Suzuki Karimun WagonR sudah mencakup pangsa 13,8 persen atau 14.286 unit terhadap total penjualan 103.494 unit.

Penjualan MPV bawah pada bulan lalu juga  turun hanya tercatat hanya terjual 30.762 unit dibandingkan dengan periode yang sama dengan Januari 2013, mencapai 31.486 unit. Apalagi, persaingan di segmen MPV low semakin ketat dengan maraknya model baru, yakni Honda Mobilio dan Datsun Go+ tahun ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X