Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanibalisme Penjualan Mobil Kian Marak Tahun Ini

Kompas.com - 18/02/2014, 16:05 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), Johnny Darmawan mengatakan, penjualan mobil baru tahun ini cenderung stagnan di level 1,2 juta unit. Kondisi ini justru membuat kanibalisme terjadi di dalam pasar antara satu segmen dengan yang lain.

"Pangsa pasar MPV dan SUV akan susut tahun ini karena mulai efektifnya penjualan model-model LCGC," jelas Johnny di Cibinong, Jawa Barat, Selasa (18/2/2014). 

Komposisi penjualan MPV dan SUV tahun lalu mencapai 60 persen terhadap total penjualan 1,229 juta unit. Tahun ini, jumlahnya akan berkurang 40-50 persen, termakan oleh segmen baru yang hadir di pasar. "Penurunan akan terjadi di MPV low, kelas Avanza dan sejenisnya. Termakan oleh penjualan LCCG," tukas Johnny.

Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari 2014, empat model LCGC, yakni Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Honda Brio Satya, dan Suzuki Karimun WagonR sudah mencakup pangsa 13,8 persen atau 14.286 unit terhadap total penjualan 103.494 unit.

Penjualan MPV bawah pada bulan lalu juga  turun hanya tercatat hanya terjual 30.762 unit dibandingkan dengan periode yang sama dengan Januari 2013, mencapai 31.486 unit. Apalagi, persaingan di segmen MPV low semakin ketat dengan maraknya model baru, yakni Honda Mobilio dan Datsun Go+ tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com