Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Filosofi di Balik Desain dan Konsep Skuter Hero RNT (Bagian 2)

Kompas.com - 18/02/2014, 12:23 WIB
Zulkifli BJ

Penulis

Pelindung boncengan belakang (kiri) dan lampu utama, LED yang bisa dilepas
Hero MotorCorp Bagasi berada di depan
Off-Road
Tak kalah menarik, sebagai skuter “multi-tasking”, juga diperhitungkan medan operasionalnya. Dalam hal ini adalah daerah pedesaan dengan jalanan yang tidak semulus di kota. Untuk ini, Hero memasang pelek dan ban berdiameter lebih besar dibandingkan skuter biasa. Pada RNTini dipasang ban 2,75 x17 dengan ban 120/70-R17 dan belakang 4.00 x 17 dengan ban 150/160-R17. Karena itu pula, skuter dibuat harus tangguh di medan off-road dengan ground clearance  68 mm.

Belum cukup! Pemilihan mesin diesel bukan sekadar untuk memperoleh biaya operasional murah, juga untuk keperluan lain yang sangat bermanfaat, antara lain untuk penerangan listrik di rumah, khusus daerah pedesaan yang belum dijamah sentrum listrik. Karena itu, gensetnya direkayasa bisa menghasilkan listrik 1.500 watt (230 volt dan  6,5 Ampere). 

Dengan ini pula, sewaktu-waktu buat membajak kebun atau panen. Karena itu pula, jangan heran, lampu depan utama, jenis LED yang berada di bawah setang, bisa dicopot. Tujuannya,  bisa dipindah atau digunakan untuk penerangan di tempat lain.

Mesin Diesel
Mesin diesel dengan karakteritik berisik dan getaran lebih besar dibandingkan dengan mesin bensin, memang kurang menyenangkan sebagai skuter  untuk gaya atau “pleasure” yang diproduksi secara umum oleh produsen sepeda motor sekarang ini. Namun, karakteristik tersebut tidak menjadi masalah besar bagi masyarakat pendesaan yang sangat membutuhkan alat transportasi serbaguna dengan harga terjangkau dibandingkan dengan mobil.

Karena itu pula, dari segi performa, disesuaikan dengan fungsinya, hanya bisa berakselerasi 0 – 60 kpj dalam 5 dsetik dan cuma bisa dikebut habis 70 kpj. Kendati demikian, Hero mengantisipasi, mesin diesel 150 cc, 4-langkah ini bisa ditingkatkan efisien kerja dengan opsi, dipasangi turbocharger.

Skuter dengan panjang hanya 2.029 mm, lebar 739 mm dan tinggi 1.077 mm, juga ditawarkan dengan paket tambahan, yaitu baterai lithium-ion untuk menggerakkan motor listrik 1,34 PS (1 kW) yang dipasang di sumbu roda depan dan dioperasikan melalui kontrol kedua.

Dengan cara demikian, RNT menjadi skuter yang benar-benar multi fungsi! 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com