Avanzanation Journey [Tengah]

Ikut Lestarikan Orang Utan "Memo Avanza" di Samarinda

Kompas.com - 16/02/2014, 14:53 WIB
|
EditorAris F Harvenda
Balikpapan, KompasOtomotif - Masuk hari keenam, Sabtu (15/2/2014), rombongan Avanzanation Journey wilayah Indonesia Tengah kembali ke Samarinda untuk bertolak menuju Balikpapan. Tapi, sebelumnya tim menyempatkan diri menyambangi Kebun Raya Samarinda untuk ikut melestarikan salah satu kekayaan alam Indonesia, orang utan.

Konservasi
Letaknya di sebelah Utara kota Samarinda , sekitar 20 km atau sekitar 30 menit jalan darat dari pusat kota. Di tempat ini terdapat atraksi danau alam, kebun binatang , panggung hiburan, fasilitas olah raga dan perahu wisata.
Salah satu keistimewaan tempat ini adalah konservasi beberapa ekor orang utan yang dilepas hidup sesuai habitatnya. Para pengunjung Kebun Raya Samarinda dapat berinteraksi langsung dengan hewan-hewan ramah tersebut. Bahkan sebagian di antaranya berukuran hampir sebesar manusia dewasa.

Nah, kali ini PT Toyota Astra Motor (TAM) diwakili tim Avanzanation Journey mengadopsi salah satu orang utan yang dirawat di sana. Komitmen adopsi diserahkan langsung kepada Sudirman, Sekertaris Kebun Raya Samarinda. Orang utan yang diadopsi semula bernama "Memo", lantas diberi tambahan "Avanza", yang merupakan inisiatif dari pihak pengelola.

Orang utan merupakan binatang langka di dunia yang dilindungi karena populasinya terancam punah. Dengan ikut mengadopsi, maka Toyota membantu keberadaan mereka di tengah laju globalisasi zaman yang terus mengancam habitat mereka.

Pantai Lamaru
Melanjutkan perjalanan, akhirnya tim tiba di Balikpapan, siang hari. Tujuan pertama, Pantai Lamaru sebagai salah satu obyek wisata di Kalimantan Timur. Pantai ini menghadap ke arah Laut Sulawesi dan memiliki pasir putih. Air laut biru dan jernih. Pohon-pohon rindang turut berjajar di pinggiran pantai.

Ombak juga cukup bersahabat sehingga memungkinkan rombongan Avanzanation Journey melepas lelah sejenak untuk bermain dan mengabadikan beberapa foto. Pantai ini banyak dikunjungi warga terutama pada hari libur. Cocok sebagai tempat pelepas penat dengan keteduhan dan keindahan pantai. Selain bisa menikmati pemandangan yang indah, pengunjung juga dapat mencoba beberapa wahana permainan yang tersedia, seperti banana boat, flying fox, kuda, andong dan lain-lain.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.