Yuk Jaga Sekitar Penutup Lubang Saluran Tangki Bensin dari Karat

Kompas.com - 13/02/2014, 15:30 WIB
Karat di sekitar tutup tangki bahan bakar Febri ArdaniKarat di sekitar tutup tangki bahan bakar
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Bensin punya sifat cepat menguap di ruangan terbuka, itu sebabnya kebocoran saat proses isi bensin bisa membebaskan uap lalu melekat di sekitar lubang, atau bahkan di bodi mobil. Jika terulang terus-menerus dalam jangka waktu lama, kerak akan muncul, kemudian cat mengelupas dan timbul karat.

“Sebenarnya kejadian seperti ini jarang terjadi di mobil tahun muda, baru terasa bila mobil sudah berumur lebih dari 10 tahun. Intinya, pernis di bodi mobil itu seharusnya tahan bila terkena bensin ataupun uapnya,” jelas Yosef Bee, pemilik H20 Bodyworks, kepada KompasOtomotif, Kamis (13/2/2014).

Berbeda dengan tiner dan soda api, kandungan bensin dikatakan “aman” untuk lapisan terluar cat. Meski demikian, ada faktor suhu dan kondisi lain yang bisa mempercepat proses tersebut.

Cara menghindari cukup mudah, pastikan nozzle berada di dalam lubang saat pengisian dan jangan dicabut sebelum tetes terakhir keluar. Biasakan selalu langsung menyeka jika bensin tercecer di sekitar lubang tangki dan bodi.

“Namun kalau sudah muncul kerak di bodi (permukaan cat masih utuh) bisa langsung diatasi dengan kompon. Tapi misalnya sudah melepuh, cat sudah retak dan pecah-pecah, tidak ada jalan lain harus di cat ulang,” tutup Yosef. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X