Januari, Penjualan Mobil di AS Turun

Kompas.com - 07/02/2014, 19:32 WIB
Cuaca Buruk di AS CtvnewsCuaca Buruk di AS
|
EditorAris F. Harvenda

New York, KompasOtomotif - Penurunan penjualan mobil baru pada Januari 2014 yang diakibatkan cuaca buruk ternyata juga terjadi di Amerika Serikat (AS). Laporan terkini menyatakan, penjualan General Motors (GM) merosot 11,9 persen, Ford 7,5 persen, sedangkan Toyota 7,2 persen. Sementara pabrikan lain juga mengalami hal serupa.

“Sebenarnya Januari dimulai dengan solid, tapi kondisi cuaca memperlambat pertumbuhan penjualan di pasar utama,” ujar Bill Faym, Vice President dan General Manager Toyota Division Group, Jumat (7/2/2014).

Dampak utama cuaca buruk mempengaruhi lalu-lintas dealer, namun hal ini dianggap hanya sementara. Keempat pabrikan itu mengatakan siap mengejar pada Februari dan Maret.  

Industri otomotif AS pun dikatakan masih baik. Salah satu indikatornya, harga bahan bakar tetap stabil di beberapa bulan terakhir. Hal ini memberi “nafas” buat biaya operasional konsumen yang bisa mempengaruhi minat membeli SUV dan mobil mewah.

Meski terjadi perlambatan, beberapa pabrikan justru menjalani pertumbuhan. Subaru, pabrikan spesialis mobil gerak semua roda menyatakan kenaikan 19,3 persen, diikuti Nissan 11,8 persen, dan Chrysler 7,6 persen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber inautonews
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X