Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan dari India

Perang Mobil Kompak di Delhi Auto Expo 2014

Kompas.com - 06/02/2014, 10:10 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Delhi, KompasOtomotif - Pameran otomotif terbesar di India, Delhi Auto Expo 2014 resmi digelar, mengusung tema "Mobility for All" di  India Expo Mart, Greater Noida, New Delhi, Rabu (5/2/2014). Sesuai karakteristik pasar di India, perhelatan ini dijadikan ajang adu kuat berbagai prinsipal dalam meluncurkan produk baru, terutama mobil kompak.

Datsun misalnnya, menjadi merek baru yang paling agresif di segmen mobil kota yang memang penjualannya cukup dominan di India. Merek bawaan Nissan ini baru saja menyatakan mulai memasarkan Go di ajang pameran, sekaligus menunjukkan konsep terbaru Redi-Go.

"Model selanjutnya yang kami akan pasarkan di India adalah Go+, juga tahun ini. Kami juga punya kejutan untuk model masa depan," beber Vincent Cobee, Global Head of Datsun.

Lokal
Tak mau ketinggalan dari produsen lokal, Bajaj Auto, menampilkan konsep terbaru, U-Car, dipameran kali ini. Mobil kompak dua penumpang ini berpenggerak semua roda (all wheel drive) dan bergerak dalam arah yang sama. Bajaj juga terus memasarkan RE60 yang hadir dalam beberapa pilihan warna dan corak baru.

Agung Kurniawan Mobil kompak terbaru dari Bajaj, masih konsep.
Masih dari merek lokal, Tata Motors menampilkan tiga mobil kompak konsep sekaligus yang  akan dipasarkan dalam jangka pendek. Model konsep ini antara lain, Zest, Bolt, dan ConnectNext. Ketiganya akan dibekali mesin 1.2 liter bensin. General Motors melalui Chervolet juga memperkenalkan konsep baru, Adra yang dipasangi mesin 4-silinder, 1.3L, dengan tenaga 77 PS.

Mahindra punya Quanto, SUV kompak yang menyasar kalangan menengah menawarkan teknologi transmisi 5-percepatan. Juga masih ada berbagai merek lain yang menampilkan jagoan masing-masing. Toyota misalnya baru melepas Corolla Altis, Honda memboyong Mobilio, NSX, dan Jazz terbaru. Juga tak ketinggalan Suzuki menampilkan S-Cross, Fiat memperkenalkan konsep Crossver baru  Avventura.

Agung Kurniawan Mercedes tak mau ketinggalan
Premium
Selain perang mobil kompak, beberapa merek premium juga tak mau ketinggalan ujuk kebolehan di pasar yang terus berkembang ini. Mercedes-Benz misalnya, memajang generasi terbaru S-Class ke India. Model ini bahkan belum dipasarkan ke Indonesia. Sesuai dengan segmennya, sedan termewah merek asal Jerman itu coba memanjakan pemiliknya dengan berbagai kelengkapan fitur.

Jok baris kedua bergaya semi-bucket dan captain seat dipadu dengan sandaran kepala seukuran bantal kecil sehingga mampu menopang kepala lebih nyaman. Layar interaktif ditempatkan di belakang sandaran jok depan.

Di sisi lain, Jaguar menampilkan konsep SUV kompak atau crossover CX-17 yang sempat mendebut di Guangzhou Auto Show 2013 lalu. BMW juga mulai memasarkan seri-3 di India, model terlarisnya di seluruh penjuru dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com