Toshiyuki Shiga: Pemilu Bukan Ancaman Nissan di Indonesia

Kompas.com - 05/02/2014, 18:13 WIB
Toshiyuki Shiga berpose dengan Datsun Go KompasOtomotif-Agung KurniawanToshiyuki Shiga berpose dengan Datsun Go
|
EditorAris F. Harvenda
Delhi, KompasOtomotif -  Toshiyuki Shiga, Wakil Komisaris Nissan Motor Company Ltd mengatakan, Nissan akan kembali menaikkan penjualan tahun ini meski sebagian besar prediksi pelaku otomotif nasional pesimis terhadap pasar. Orang nomor dua di Nissan ini mengaku tidak khawatir dengan kondisi politik di Indonesia yang memanas tahun ini.

"Saya percaya seperti sebelum-sebelumnya, Indonesia akan berhasil melewati apapun juga, termasuk pemilu," jelas Shiga, di Delhi Auto Show, Rabu (5/2/2014).

Shiga menyadari kalau penjualan Nissan di Indonesia turun tahun lalu. Tapi dengan mengandalkan dua model, yakni Livina dan Evalia, mereka yakin bisa mengembalikan keadaan tahun ini.

"Indonesia punya potensi besar, sumber daya kuat, dan Nissan punya rencana jangka panjang, bukan cuma pendek saja," beber Shiga.

Thailand
Kondisi pasar yang turun juga terjadi di Thailand, semenjak pemerintah setempat menghentikan insentif pembelian mobil pertama akhir 2012 lalu. Tahun ini, kondisi kian parah dengan tidak stabilnya situasi politik negara.

"Sampai sekarang dampaknya masih kecil, tapi kalau berlarut-larut bisa membesar," lanjut Shiga.

Hingga saat ini, jelasnya, kondisi perekonomian dan politik yang tidak menentu di Thailand belum berdampak besar bagi bisnis. Nissan menganggap Thailand sebagai basis produksi dan ekspor yang penting bagi prinsipal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami mengekspor pikap dan beberapa kendaraan lain dari Thailand dan hal itu tak akan berubah dalam jangka panjang," beber Shiga.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.