Laporan Dari India

Vincent Cobee: Penjualan LCGC Tahun ini 250.000 Unit

Kompas.com - 04/02/2014, 08:00 WIB
Potensi pasar baru saja terbentuk, butuh waktu. Agung KurniawanPotensi pasar baru saja terbentuk, butuh waktu.
|
EditorZulkifli BJ
Chennai, KompasOtomotif - Vincent Cobee, Head of Datsun Corporate Vice President mengatakan, potensi pasar mobil murah di Indonesia tahun ini bisa mencapai 250.000 unit, jauh diatas prediksi GAIKINDO cuma 150.000 unit. Orang nomor satu Datsun ini mengaku prediksi DARI asosiasi tersebut terlalu konservatif.

"Memang ada pemilu (tahun ini). Anda harus optimis semuanya berjalan lancar. Prediksi kenaikan penjualan hanya 5-10 persen, terlalu kecil," jelas Cobee di Chennai, Senin (3/2/2014). Menurutnya, dari total penjualan mobil baru di Indonesia tahun ini, total porsi LCGC berkisar 30-40 persen.  

Sebenarnya, penjualan mobil baru di Indonesia pada 2013 lalu cenderung stagnan tanpa LCGC. Kondisi tersebut dinilai Cobee hanya sementara, sama seperti yang terjadi di India, pertumbuhan penjualan melambat. 

"Ini siklus biasa terjadi di India dan Indonesia, imbas dari krisis Eropa. Kondisi ini akan pulih melihat potensi kedua negara ini yang begitu besar," lanjut Cobee.

Data GAIKINDO 2013 dengan wholesale 1,229 juta unit, LCGC yang baru dinikmati Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya dan Suzuki Karimun Wagon R mencapai 51.180 unit. Pada tahun sebelumnya (2012), penjualan 1.116.230 unit. Bila  Tanpa LCGC kenaikkan hanya 5,6 persen atau menjadi 1.178.724 unit

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X