Laporan Dari India

Datsun Go Mulai Dirakit Indonesia pada April 2014

Kompas.com - 04/02/2014, 07:51 WIB
Produksi Datsun di Indonesia menyusul April 2014. Agung KurniawanProduksi Datsun di Indonesia menyusul April 2014.
|
EditorZulkifli BJ

Chennai, KompasOtomotif - Datsun selangkah lagi kembali ke Indonesia. Hal ini dipastikan Vincent Cobee, Head of Datsun Corporate Vice President kepada wartawan di Chennai, India, Senin (3/2/2014) malam. Indonesia menjadi negara kedua setelah India sebagai basis produksi. 

"Produksi dimulai pada musim semi tahun ini (April-Juni 2014). Saya pastikan di awal musim semi. April, saya juga mau meresmikan Datsun di Rusia dan Afrika Selatan," jelas Cobee.

Sampai saat ini PT Nissan Motor Indonesia (NMI) terus berupaya merampungkan pabrik keduanya di Kawarang, Jawa Barat. Selain itu, juga sedang menjalani verifikasi dari Surveyor Indonesia, penyelia program mobil harga terjangkau dan ramah lingkungan (LCGC). 

"Semua kelengkapan sudah diserahkan, tinggal masuk proses peninjauan oleh Kementerian Perindustrian dan Surveyor. Mudah-mudahan lancar," jelas Indriani Hadiwidjaja, Head of Datsun Indonesia.

Kalau India meluncurkan Go, Datsun Indonesia justru akan melepas Go+ MPV bawah lebih dulu sesuai dengan permintaan konsumen. Setelah itu menyusul Go untuk bertempur dengan Agya, Ayla, Brio Satya dan Karimun Wagon R. 


Ekspor
Untuk tahap pertama di Indonesia, Cobee mengatakan Datsun fokus pada pasar domestik. Untuk pasar ASEAN yang mulai terbuka mulai 2015, potensi ekspor cukup besar. 

"Berdasarkan urutan, negara paling potensial untuk tujuan ekspor itu adalah Filipina, Vietnam, dan Myanmar. Kalau Malaysia dan Thailand punya kebijakkan berbeda dan bukan prioritas," tegas Cobee.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X