Laporan Dari India

Datsun India Mulai Produksi Go

Kompas.com - 04/02/2014, 07:42 WIB
Produksi massal Datsun dimulai dari Chennai, India. Agung KurniawanProduksi massal Datsun dimulai dari Chennai, India.
|
EditorZulkifli BJ
Chennai, KompasOtomotif - Datsun Indonesia bersiap menyambut kelahiran produknya dalam waktu dekat. Sebelum memulai produksi di tanah air, Datsun mengajak KompasOtomotif bersama dua media nasional lain menyaksikan langsung produksi massal perdana Go di pabrik Renault Nissan Automotive India Private Ltd (RNAI), Chennai, India, Selasa (4/2/2014).

"Kami ingin mambuktikan, kualitas manufaktur Datsun berstandar global. Terus mendorong meningkatkan lokalisasi untuk efisiensi sekaligus kualitas," jelas Vincent Cobee, Head of Datsun Corporate Vice President saat mengunjung pabrik.

Di India, Datsun memproduksi Go mulai 31 Januari 2014 dalam jumlah terbatas, satu lini dengan Micra (March), Evalia, Sunny, Terrano dan Renault Pulse. Satu lini  mampu memproduksi berbagai jenis model tanpa harus mengubah struktur perakitan.

Basis Ekspor
Pabrik ini berkapasitas 400.000 unit (tanpa lembur) per tahun berdiri di area 640 hektar. Juga memproduksi Renault Koleos, Scala, Stile, Fluence dan Duster. Tahun lalu, RNAI berhasil memproduksi 578.852 unit. 219.370 unit untuk india dan ekspor 359.482

"Selain untuk pasar domestik India, juga diekspor ratusan ribu kendaraan setiap tahunnya ke 101 negara di seluruh dunia. Salah satunya, Dacia Duster ke Inggris," beber Toshihiko Sano, CEO sekaligus Managing Director RNAI.

Pabrik ini juga mengandalkan 237 perusahaan pemasok komponen lapis (tier) I untuk produksi. Untuk mobil Nissan dan Renault, dipasok oleh 115 perusahaan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.