Laporan Dari India

Datsun Siapkan Ratusan Komponen Go dari India

Kompas.com - 04/02/2014, 07:05 WIB
Ekspor komponen juga jadi bisnis utama Datsun di India. Agung KurniawanEkspor komponen juga jadi bisnis utama Datsun di India.
|
EditorZulkifli BJ
Chennai, KompasOtomotif - Datsun Indonesia segera merakit Go+ di pabrik baru Nissan, di Karawang, Jawa Barat. Untuk merakit MPV kecil tersebut, Dartsun mengandalkan pasokan komponen dari India, disiapkan sebagai basis produksi Datsun di dunia.

Toshihiko Sano, Chief Executive Officer dan Managing Director Renault Nissan Automotive India Private Ltd (pabrik Datsun di India) mengatakan, India bukan sekedar pusat produksi, juga basis ekspor global. Selain mengekspor mobil secara utuh CBU), juga komponen penting untuk kebutuhan produksi di negara lain, termasuk Indonesia.

"Untuk MPV Go+, 216 jenis komponen dipasok dari India atau sekitar 24 persen dari seluruh bagian kendaraan," jelas Sano kepada KompasOtomotif di Chennai, India, Senin (3/2/2014). Selain Go+, Datsun juga akan memasok 230 komponen untuk mobil kota Go ke Indonesia.

"Komposisinya, sekitar 25 persen dari seluruh komponen yang digunakan. Kebanyakan produk cetakkan (stamping)," tambah Sano.

Komponen
India, lanjutnya, ke depan akan menjadi basis produksi komponen terbesar Nissan-Renault di dunia. Sebelumnya, India hanya menduduki peringkat keempat sebagai negara produsen komponen terbesar Nissan, di bawah Jepang, China dan Thailand.

"Tahun lalu, komposisinya bergeser. Eksportir komponen terbesar pertama masih Jepang, kedua India, China, kemudian Thailand. Maka jangan, kaget kalau nantinya Jepang juga tergeser dan India jadi terbesar," papar Sano.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.