Kompas.com - 03/02/2014, 18:19 WIB
Tampang Mercedes-Benz V-Class semakin mewah, terinspirasi wajah CLA-CLass dan E-Class. Mercedes-BenzTampang Mercedes-Benz V-Class semakin mewah, terinspirasi wajah CLA-CLass dan E-Class.
|
EditorAris F. Harvenda

Stuttgart, KompasOtomotif – Diciptakan sebagai kendaraan komersial di negara asalnya, Mercedes-Benz V Class berevolusi sebagai MPV mewah. Pasalnya, produsen asal Jerman itu melakukan face-off besar-besaran, hingga membuat tampang van medium ini semakin "cantik".

Dijelaskan, wajah baru generasi penerus Viano itu mengadopsi eksterior dinamis, terinspirasi desain beberapa mobil mewah Mercy lain seperti CLA-Class hingga E-Class baru. Bagian depan cukup familiar, dengan lampu utama yang ”mengalir” diikuti desain gril dinamis. Sementara di belakang dipasang kaca lebar dan lampu kecil.

Mercedes-Benz Buritan dengan kaca lebar dan lampu kecil.

Mewah
Masuk ke dalam lebih ciamik lagi. Desain mengikuti tren terkini dengan gaya interior minim sudut, lubang AC bulat, hingga penunjuk kecepatan analog. Kemewahan terpancar dari layar sentuh yang muncul di tengah.

Konfigurasi tempat duduk ditawarkan untuk enam dan delapan penumpang, bergantung pilihan konsumen. Disiapkan pula beragam aksesori dan konfigurasi tambahan, tentu dengan penambahan biaya untuk menyelaraskannya.

Mercedes-Benz Interior canggih dengan karakter tanpa sudut.

Mesin menggunakan generasi baru, 6-silinder, 2.1L, atau pilihan lain 4-silinder turbodiesel. Tenaga yang dikeluarkan ada tiga pilihan, 136, 163, atau 190 PS. Transmisinya otomatis 7-percepatan. Semua varian menggunakan penggerak roda depan, tapi versi all-wheel drive diyakini akan bergabung dalam waktu dekat.

Mercedes-Benz Kabin penumpang bisa disesuaikan konfigurasi tempat duduknya.

Canggih
Sebagai pelengkap, ada fitur Crosswind Assist, mampu mendeteksi angin kencang dari samping dan mencegah mobil melenceng dari jalur. Lalu ada Attention Assist, yang mampu membaca mata pengemudi yang sedang mengantuk ketika berkendara. Ditawarkan pula kamera 360 derajat untuk mengetahui kondisi luar. Dengan Active Parking Assistance Systems, memarkir kendaraan dengan bodi bongsor jadi lebih mudah.

Varian ini dijadwalkan mulai dipasarkan di Jerman, Mei 2014, dengan harga dasar 42.900 Euro atau setara Rp 708 juta di luar pajak. Disertakan pula varian "pekerja", yang disebut Vito, dengan kaca belakang tertutup, pelek ”kaleng”, dan bemper plastik berkelir hitam. Varian ini akan meluncur akhir 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.