Toyota Tidak Akan Kembali ke F1

Kompas.com - 03/02/2014, 11:18 WIB
Jarno Trulli, pebalap tim Panasonic Toyota Racing di Japanese Grand Prix 2009. Wikipedia Jarno Trulli, pebalap tim Panasonic Toyota Racing di Japanese Grand Prix 2009.
|
EditorAris F. Harvenda

Tokyo, KompasOTomotif – Meski kondisi finansial Toyota sudah membaik pasca krisis ekonomi, bencana Tsunami yang pernah melanda Jepang, dan kampanye recall, Presiden dan CEO Toyota Motor Corporation (TMC), Akio Toyoda tetap teguh tidak ingin kembali ke ajang Formula 1.

Pertimbangannya, kucuran dana besar dianggap tidak lagi realistis sebab tim Toyota Racing tidak konsisten, prestasi tertinggi hanya mampu berada di posisi kedua selama 8 tahun berkarir.

“Selama saya masih presiden, kita tidak akan melakukannya lagi,” tegas Toyoda, seperti dilansir Automotive News, (02/02/2014).

Motorsport
Namun pernyataan tersebut tidak menghentikan strategi agresif di ajang motorsport. Untuk pertama kali sejak 2009, 30 Januari lalu, perusahaan #1 dunia ini membeberkan rencana mereka sekaligus memperkenalkan pebalap dan mobil balap yang akan digunakan.

Kepala Global R&D TMC, Mitsuhisa Kato mengenalkan beberapa di antaranya, NASCAR dengan pebalap Kyle Busch, TS040 Hybrid Le mans, dan LFA Code X yang pernah mengitari sirkuit Nurburgring.

“Pede”
Hal ini merupakan buah kepercayaan diri setelah melewati masa suram. Tidak hanya pembuktian teknologi mutakhir, tapi juga sebagai bahan pembelajaran dan pengalaman menerapkannya ke mobil produksi. Strategi ini juga dinilai sebagai alat pemasaran berharga untuk menarik penggemar baru.

Pada 2013, Toyota menjadi pabrikan pertama yang memproduksi 10 juta kendaraan per tahun, kini mereka bertekad melewati pencapaian tersebut. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X