Yamaha M1 MotoGP Masih "Belum Pas" buat Rossi

Kompas.com - 30/01/2014, 19:26 WIB
Valentino Rossi dan Yamaha YZR-M1 untuk musim balap MotoGP 2014. autoevolutionValentino Rossi dan Yamaha YZR-M1 untuk musim balap MotoGP 2014.
|
EditorAris F. Harvenda

Milan, KompasOtomotif – Harapan para penggemar, Valentino Rossi bisa kompetitif dibanding musim 2013 masih tipis. Dalam wawancara khusus dengan Kouichi Tsuji, bos tim pengembangan Yamaha YZR-M1 MotoGP yang dikutip Insella.it, (29/1/2014), ditegaskan bahwa sepeda motor masih dikembangkan berdasar gaya Lorenzo.

Bahkan Tsuji mengisyaratkan Rossi untuk terus beradaptasi dengan sepeda motor saat ini. ”Dari 2004 sampai 2009, kami mengembangkan sepeda motor dengan gaya Valentino. Lalu di 2010, Rossi cedera dan kejuaraan dimenangkan Lorenzo. Tentu tahun berikutnya kami mengubah sesuai gaya Lorenzo. Situasi yang dirasakan Rossi ini sama seperti yang Lorenzo alami (dulu),” katanya.

Dijelaskan pula, bahwa Yamaha tidak bisa memberikan sepeda motor yang sesuai dengan gaya Rossi. Bukan karena uang, tetapi karena waktu yang terlalu sempit. Bahkan Tsuji dengan yakin menyatakan, andai Yamaha memberikan sepeda motor seperti pada 2009, Rossi belum tentu sebagus dulu karena banyak faktor.

Sayang, tidak dijelaskan perbedaan antara ”M1 Rossi” dan ”M1 Lorenzo”. Namun dari pengakuan Rossi, stabilitas pengereman tidak baik, perbedaan bisa jadi dari setelan kaki-kaki, posisi, hingga performa pengereman. ”Yang jelas, semua pengembangan untuk Rossi tahun ini sudah mendekati apa yang dirasakan Lorenzo,” tutup Tsuji.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X