Kompas.com - 27/01/2014, 16:25 WIB
|
EditorZulkifli BJ

Maranello, KompasOtomotif — Minggu(26/1/2014), Ferrari meluncurkan mobil balap F1 terbaru yang digunakan untuk berlomba di 19 seri pada musim 2014. Mobil baru ini diberi label "F14T", digunakan oleh Fernando Alonso dan Kimi Raikkonen.  

Tantangan teknis musim ini dianggap paling menantang dalam satu dekade terakhir. F14T diklaim sebagai respons terbaik terhadap perubahan peraturan yang radikal pada tahun ini, khususnya mesin, yaitu V6 1,6 liter turbocharger. Karena format mesin baru, perubahan juga terjadi pada bodi dan struktur aerodinamika.

Kini, bentuk hidung Ferrari lebih melandai dan menimbulkan perdebatan. Namun, Direktur Teknis James Allison meyakini, faktor aerodinamika menjadi salah satu kunci penting untuk memenangkan balapan. Kimi juga memberi dukungan, "Buat kami, penampilan bukanlah yang utama. (Yang paling penting) harus bisa melibas sirkuit dengan cepat," katanya.

Yakin
Luca di Montezemolo, Presiden Ferrari, meyakini bahwa kini saatnya Scuderia bisa menggapai prestasi tertinggi, juara F1. Terakhir, mereka memenangkannya pada 2007 bersama Raikkonen, dan juara untuk konstruktor pada 2008.  

"Saya senang Kimi menjadi pebalap terakhir yang memenangkan kejuaraan bersama kami. Fernando juga telah menjalani musim dengan fantastis sehingga mampu meraih tempat kedua sebanyak tiga kali dalam empat musim. Sekarang saatnya untuk menang. Saya percaya kepada direktur teknis yang baru, James Allison, dan hasil pekerjaan insinyur kami lainnya," ujar Montezemolo.

Sementara itu, Alonso berpendapat, Ferrari harus langsung memberikan perlawanan sejak seri perdana musim 2014. "Kita harus melihat perkembangan dari awal. Regulasi dan mobil baru masih perlu ditinjau lagi, setidaknya nanti pada akhir musim, atau paling tidak setelah balapan pertama selesai. Setelah itu, kita bisa mengevaluasi peraturan baru dan perkembangan selama tahun ini," komentarnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.