Baksos LRCI dan GAD untuk Korban Banjir Karawang

Kompas.com - 27/01/2014, 14:43 WIB
Jalan menuju desa Segar Jaya, Kec. Batu Jaya, Kabupaten Karawang Zulkifli BJJalan menuju desa Segar Jaya, Kec. Batu Jaya, Kabupaten Karawang
Penulis Zulkifli BJ
|
EditorZulkifli BJ
Zulkifli BJ Jalan rusak ke desa Segar Jaya
Zulkifli BJ Masyakat antri menunggu pemeriksaan kesehatan oleh dokter dan memperoleh obat-obatan
Zulkifli BJ Trifena dari Grandauto Dinamika menyerahkan bantuan sembako kepada kepala dusun Segar Jaya, Ahim
Zulkifli BJ Sawah teredam banjir sudah menjadi danau di Kecamatan Batu Jaya, Kab. Karawang

Karawang, KompasOtomotif -  Sebagai salah satu komunitas mobil off-road yang tangguh dan sudah berusia 28 tahun (tahun ini), Land Rover Club Indonesia (LRCI), selain rutin melakukan turing ke daerah yang susah dijangkau, juga rajin bakti sosial (baksos). Khususnya di daerah yang mengalami musibah seperti banjir atau gempa bumi.

Kemarin didukung oleh distributor resmi Land Rover di Indonesia saat ini, PT Grandauto Dinamika (GAD), LRCI melakukan baksos ke desa Segar Jaya, Kecamatan Batu Jaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Salah satu desa yang menjadi lumbung padi di Kabupaten Karawang sudah seminggu digenangi banjir. Ketika rombongan LRCI, GAD dan KompasOtomotif menju ke desa tersebut kemarin, sebagian desa dan rumah-rumah masih digenang air yang cukup tinggi.

Sembako dan Pengobatan
“Kita memang sering terlambat atau belakangan mengadakan bakti sosial. Pasalnya, kita memilih daerah yang susah dijangkau dan ingin mengetahui kebutuhan langsung masyarakat yang memerlukan bantuan. Contohnya seperti sekarang ini, kita memilih Segar Jaya karena korban banjir di daerah ini belum terjamah bantuan sejak minggu lalu,” jelas Irianawati Goenawan, Sekteris LRCI kepada KompasOtomotif kemarin (26/1/2014).  

LRCI tidak hanya memberi bantuan sembako yang dibutuhkan masyarakat. Juga pengobatan gratis (termasuk pemeriksaan dokter) dan memberikan obat-obatan.

“Untuk pengobatan, termasuk tenaga dokter dan obat-obatan, langsung dari kita. Grandauto Dinamika baru pertama kali kita ajak. Ternyata mereka langsung  merespon, ya..kita sertakan. Apapun bantuan yang diberikan, kita salurankan,” jelas Wati, panggilan Irianawati.

Ditambahkan, ini untuk pertama kali ini, Grandauto Dinamika memberikan bantuan sembako, seperti mie, susu, pamper dan sebagainya terhadap korban banjir. Sementara itu Trifena Sri Rahajoe, Manager Marketing Communication, GAD yang juga ikut pada rombongan mengatakan,  bantuan ini merupakan bagian dari kegiatan Coprorate Social Responsibility  (CSR) yang harus dilakukan perusahaan.

“Kita baru resmi menjadi distibutor resmi Land Rover tahun lalu. Karena itulah ini pertama kali kita ikut baksos. Kita langsung memberikan bantuan berupa barang-barang yang bisa dikonsumsi dan dimanfaatkan langsung oleh korban banjir,” jelas Nana – panggilan Tryfena – yang juga usai merasakan sebagai korbanbanjir di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Susah Dijangkau
Untuk mencapai desa Segar Jaya, tidak mudah, apalagi pada kondisi banjir. Desa yang dipenuhi dengan persawahan ini, saat dikunjungi, sebagian masih digenangi banjir. Di bagian utara atau kawasan tambak yang semula diduga masih digenangi cukup tinggi, ternyata jalannya sudah bisa dilalui. Diceritrakan, banjir minggu lalu,telah  memusnahkan  harapan para petani tambak yang tinggal beberapa hari lagi.

“Ada seorang petani shock dan langsung meninggal. Ia melihat tambak keluarganya sudah rata dengan laut. Ikan bandeng yang akandipanen beberapa hari lagi, dipastikan lepas  ke mana-mana,” cerita Sabak, 70 tahun, seorang  petani bandeng, di Segar Jaya utara saat ditemui KompasOtomotif.

Jalan menuju ke desa tersebut – kendati dicor – banyak yang sudah rusak diterjang banjir. Namun yang sangat memprihatinkan, kondisi masyarakat setempat, sanitasi lingkungannya sangat buruk. Air yang berada di saluran pengairan (keruh), juga digunakan untuk mandi, buang hajat, mencuci pakai dan makanan. Anggota rombongan sempat berguman melihat kondisi tersebut, “Apakah air minum juga diambil dari saluran ini?” Akibatnya, kendati lapar, anggota rombongan tidak berani mencoba jajanan yang dijual pedagang di desa tersebut.

Di lain hal, penduduk desa yang berbondong-bodong datang ke balai desa untuk mengambil jatah bantuan dan pengobatan, mengatakan, “Ini bantuan pertama. Belum ada bantuan dari Pemda. Juga para caleg yang mamajang gambar-gambarnya di sini,” jelas Gepeng, Ketua Karang Taruna, Segar Jaya yang aktif membantu membagikan sembago.

Baksos LRCI kali ini – didukung oleh GAD – membagikan 400 lebih kantong sembako dan pengobatan kepada 307 penduduk desa tersebut!

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X