”Hidung” Baru Mobil Williams F1

Kompas.com - 24/01/2014, 17:15 WIB
Desain hidung mobil  FW36 milik tim Williams F1, lebih rendah dan mengecil. autosportDesain hidung mobil FW36 milik tim Williams F1, lebih rendah dan mengecil.
|
EditorAris F. Harvenda

Wantage, KompasOtomotif — Williams menjadi tim F1 pertama yang menunjukkan ”hidung” untuk musim 2014. Mobil berkode FW36 dengan mesin Mercedes-Benz tersebut punya bagian depan yang mengecil. Sayap depan (front wing) dibuat bertingkat (anteater) demi aerodinamika yang lebih baik.

Dikutip dari Autosport, Kamis (23/1/2014), tim desainer menyesuaikan dengan regulasi baru, yang mengharuskan setiap mobil punya sasis lebih tinggi, tetapi berhidung lebih rendah (minimal 185 mm dari tanah).

Keputusannya, hidung dibuat lancip dan rendah, lalu diteruskan dengan bodi belakang yang mengalir lebih tinggi menyesuaikan sasis baru. Alhasil, sayap harus bisa menjadi penyeimbang sehingga tetap tinggi, untuk memaksimalkan laju angin ke bawah mobil.

Aerodinamika
Regulasi mesin baru (wajib 1.600 cc) akan menjadi kunci performa mobil-mobil tahun ini. Meski demikian, Chief Technical Officer Tim Williams, Pat Symonds, tetap percaya, bahwa kunci sebenarnya terletak pada aerodinamika. ”F1 masih akan menjadi kompetisi aerodinamika pada 2014,” ujarnya.

Dijelaskan, selain hidung, sayap belakang juga berubah total. Sayap membalok di bawahnya tidak lagi diizinkan. ”Kami kehilangan kemampuan menggunakan saluran gas buang demi meningkatkan kinerja aerodinamika. Namun, kami optimistis dengan performa desain baru ini,” ujar Symonds.

Namun, sistem pendingin dan pengemasan bagian mesin sangat memengaruhi desain buritan. Pendingin air dan oli memang bisa diperkecil, tetapi keharusan adanya sistem regenerasi tenaga membuat mesin harus punya sistem pendingin ekstra. Terlebih lagi, desainer harus berpikir keras demi mendinginkan udara dari kompresor peranti turbo.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber Autosport
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X