Potongan Harga Pacu Penjualan Mobil di Eropa

Kompas.com - 17/01/2014, 08:46 WIB
Dacia Duster, salah satu model terlaris di Eropa. RenaultDacia Duster, salah satu model terlaris di Eropa.
|
EditorAris F. Harvenda
Brussels, KompasOtomotif - Penjualan mobil naik 13 persen pada Desember 2013 lalu, lonjakkan terbesar selama empat tahun terakhir. Persaingan ketat antara merek memicu promosi potongan harga besar-besaran dan itu digemari konsumen.

Positifnya, langkah tersebut meningkatkan kepercayaan konsumen dan ikut mendorong pemulihan ekonomi di Eropa. Asosiasi Industri Otomotif Eropa (ACEA) mencatat 948.090 unit pendaftaran mobil baru. Namun, perhitungan satu tahun penuh masih turun 2 persen menjadi 12,3 juta unit, penurunan terkecil sejak 1995.

Renault menjadi yang paling bersinar di Eropa, naik 29 persen pada bulan terakhir tahun lalu. Dacia-merek murah Renault-melesat 48 persen, salah satunya berkat kesuksesan SUV kompak Duster. Grup VW juga berhasil naik 22 persen, ditopang oleh Audi, Skoda, dan Seat. Merek asing (di luar Eropa), Ford juga naik 20 persen, sementara Toyota menyusul dengan 11 persen.

Bahkan, merek yang lagi kesulitan seperti Peugeot dan Citroen juga naik masing-masing 9 persen dan 2 persen. Jauh lebih baik ketimbang November yang anjlok masing-masing 1 persen dan 6 persen.

Sementara General Motor juga naik 13 persen, berkat hasil positif dari Opel dan Vauxhall melesat 22 persen. Sementara Chevrolet masih menurun 29 persen, seiring keputusan mau mengakhiri pemasarannya di Eropa dan fokus pada Opel.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X