Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 13/01/2014, 15:15 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif — Curah hujan yang masih tinggi kerap mengakibatkan banjir di beberapa tempat, apalagi area yang tidak ditunjang sistem drainase yang mumpuni. Ada baiknya mengetahui lokasi-lokasi yang tergenang atau banjir sebelum melakukan perjalanan menggunakan mobil. Sebisa mungkin hindari lokasi tersebut untuk meminimalisasi kerusakan yang mungkin timbul akibat menerjang banjir.

Jika sudah telanjur terjebak atau tidak ada jalur lain, ada baiknya mengetahui lebih dahulu kedalaman banjir tersebut sebelum menerobos. Berikut arahan dari Heron, penggawa Bengkel R Speed, di kawasan Duren Sawit, Jakarta.

1. Pelek. Biarkan mobil lain melintasi banjir atau genangan tersebut. Perhatikan seberapa tinggi air yang menggenangi mobil tersebut. Patokan paling mudah adalah pelek. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan kondisi kedalaman genangan di mobil Anda.

2. Trotoar. Tinggi trotoar yang ada di pinggir jalan biasanya 20-30 cm. Jika bagian atasnya sudah terendam berarti diperkirakan pelek mobil juga terendam hampir setengah (untuk dimensi 14 inci). Kondisi tersebut relatif aman dilintasi untuk mobil MPV dan SUV dengan ground clearence cukup tinggi. Untuk melintasinya pun harus hati-hati dan menjaga kecepatan (10 kpj) agar tidak menimbulkan ombak dan cipratan air yang masuk ruang mesin.

3. Ombak. Penting untuk diperhatikan adalah ombak yang dihasilkan ketika mobil melintas. Selain itu, lihat juga seberapa cepat ombak kembali menerpa mobil setelah dilintasi (dibelah) mobil. Sebab, patokan ketinggian bisa berubah ketika muncul ombak. Terlebih lagi riaknya bisa masuk ke ruang mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke