Carlos Ghosn Ingin Nissan-Renault Dipimpin 2 CEO

Kompas.com - 11/01/2014, 10:37 WIB
CEO Nissan dan Renault, Carlos Ghosn AutoblogCEO Nissan dan Renault, Carlos Ghosn
|
EditorZulkifli BJ

Yokohama, KompasOtomotif - CEO Nissan-Renault, Carlos Ghosn mengatakan, aliansi Jepang-Prancis yang dipimpinnya itu sebaik punya  2 bos yang berbeda. Masa bakti Ghosn akan habis kurang dari lima tahun ke depan. Tahun lalu Ghosn diputuskan masih berperan sebagai CEO Nissan hingga 2015, sedangkan kontrak kerjanya sebagai CEO Renault diperpanjang  tiga tahun saat rapat pemegang saham, April nanti. 

“Saya tidak merekomendasikan siapapun untuk melakukukan pekerjaan yang telah saya kerjakan. Memimpin dua perusahaan di dua negara sangat berat. Saya melakukannya karena tidak punya pilihan. Saya ditempatkan di posisi yang seharusnya. Tentu ada keuntungan buat kedua perusahaan,” jelasnya.

Selepas kepemimpinannya nanti, pria 59 tahun kelahiran Brazil ini menginginkan Nissan dipimpin oleh orang berkebangsaan Jepang. “Hal itu seperti simbolis, kita punya banyak talenta asal Jepang,” jelas Ghosn. Namun demikian, dia juga tidak menampik kemungkinan Renault-Nissan tetap dipimpin satu orang. 

“Saya pikir kita tidak hanya fokus pada satu pilihan. Bila bisa dihindari (satu kepemimpinan), saya sangat merekomendasikan,” tutupnya.

Apa yang diutarakan  Ghosn adalah pendapat pribadinya. Ia menuturkan, semua keputusan tetap dibebankan pada rapat dewan direksi dan pemegang saham setiap perusahaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.