Penjualan Mobil di China 2014 Tumbuh 8-10 Persen

Kompas.com - 09/01/2014, 19:56 WIB
Suasana di salah satu kota di China. ReutersSuasana di salah satu kota di China.
|
EditorZulkifli BJ

Beijing, KompasOtomotif - Asosiasi Industri Otomotif China (CAAM) memprediksi penjualan mobil baru di negara tirai bambu tahun ini tumbuh 8-10 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Prediksi ini turun sedikit dari pertumbuhan tahun lalu, 13,9 persen (2012-2013).

“Perubahan situasi politik bisa mengakibatkan harga minyak bumi dan bahan baku naik. Hal itu akan mempengaruhi permintaan mobil. Musuh lainnya, infrastruktur yang tidak kunjung membaik, perencanaan kota yang buruk, polusi dan kemacetan lalu lintas,” jelas Deputy Secretary General, Shi Jianhua.

Kendati banyak tantangan, CAMM mmenilai masih cukup ruang agar penjualan mobil di negara tersebut terus naik. Permintaan dari kota-kota kecil serta kebutuhan konsumen terhadap mobil kedua, akan meningkatkan penjualan.

Pertumbuhan terburuk penjualan mobil di China terjadi pada 2011 dan 2012. Saat itu penjualan mobil baru hanya tumbuh 2,5 persen dan 4,3 persen. Padahal satu dekade sebelumnya selalu 30-40 persen dalam setahun.

Pada 2013, penjualan mobil di China tumbuh 13,9 persen menjadi 21,98 juta unit. CAAM menjelaskan, angka itu jauh  dari prediksi sebelumnya,7 persen. Pemulihan berasal merek Jepang yang sempat anjlok pada 2012 karena perselisihan kedua negara.  

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber Reuters
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X