2013: 7,77 juta Sepeda Motor Terjual di Indonesia!

Kompas.com - 09/01/2014, 11:11 WIB
Penjualan sepeda motor 2013 naik cukup besar. AHMPenjualan sepeda motor 2013 naik cukup besar.
|
EditorZulkifli BJ

Jakarta, KompasOtomotif - Penjualan sepeda motor nasional selama 2013 mencapai 7,77 juta unit atau naik  8,8 persen dari tahun sebelumnya 7,14 juta unit. Hasil ini di luar dugaan sejumlah kalangan industri sepeda motor nasional yang sempat memprediksi, pasar akan turun atau paling bagus stagnan di awal 2013.

Data dari AISI yang diterima KompasOtomotif, tiga merek masih bisa tersenyum dengan hasil yang diraih tahun lalu. Honda terus mengukuhkan penguasaan pasar sampai 60,49 persen. Kawasaki juga berhasil menaikkan volume penjualan sekaligus pangsa pasar menjadi 1,98 persen, dan terakhir TVS bertahan hanya mencicipi 0,26 persen.

Hasil buruk justru dialami Yamaha! Meski unit penjualan naik, pangsa pasar justru turun tinggal 32,12 persen. Suzuki juga mengalami nasib sama, jatahnya terus digerogot sehingga kebagian  5,16 persen.

Sport
Fenomena baru pada penjualan tahun ini, jenis sport terus memperbesar pangsa pasarnya menjadi14,18 persen atau mencapai 1,10 juta unit. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, 765.520 unit, melesat10,72 persen. 

Semakin membaiknya pendapatan masyarakat kelas menengah di Indonesia, membuat konsumen cenderung membeli sepeda motor sport untuk kepuasan dan bukan lagi sebagai alat transportasi yang mengutamakan fungsional, seperti skutik dan bebek.

Jenis sepeda motor, masih tetap skutik dengan penjualan 4,89 juta unit atau berkontribusi 63,02 persen terhadap total pasar. Sedangkan bebek terjual 1,77 juta unit atau 22,8 persen.

Tabel

Penjualan Sepeda Motor

Merek

Skutik

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X