Konsumsi BBM Yamaha GT125 Eagle Eye Tembus 78,98 Kpl

Kompas.com - 08/01/2014, 11:34 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Yamaha GT125 Eagle Eye punya beragam senjata andalan. Selain desain dan fungsionalitas, diklaim, varian paling top dari deretan skutik Yamaha ini sangat irit. Hasil uji tim R&D PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri Institut Teknologi Bandung (LAPI ITB) menunjukkan angka tertinggi 78,98 kpl!

Angka itu diperoleh dari pengujian dengan kecepatan konstan 40 kpj di sirkuit Sentul. Bahan bakar yang digunakan jenis premium. ”Hasil ini dari kecepatan konstan, tidak stop and go. Kalau menggunakan bensin non-subsidi pasti lebih baik lagi (konsumsi bbm). Pengujian dilakukan di kecepatan 30-60 kpj dengan berbagai gaya,” jelas SPV Marketing Plan and Strategy YIMM, Radityo Andidarma, Selasa (7/1/2014).

Dijelaskan, ada empat ”gaya” berkendara yang diterapkan. Selain kecepatan konstan 40 kpj, tim juga menguji dengan ”gaya bebas”, berkendara di perkotaan dengan kecepatan rata-rata 30 kpj. Hasilnya, tembus 14,72 kpl. Lalu, gaya eco riding dengan kecepatan rata-rata juga 30 kpj, konsumsi bbm mencapai 20,82 kpl. Terakhir, kecepatan konstan 60 kpj, hasilnya sedikit di bawah rekor, yakni 78,59 kpl.

Melalui metode yang sama, pengujian juga dilakukan untuk kompetitor di kelasnya sebagai pembanding. Hasilnya GT125 lebih irit, meski bedanya cukup tipis. Pengujian dilakukan di kondisi normal, tidak hujan, dan tanpa modifikasi apa pun.

Hasil pengujian Yamaha GT125 Eagl Eye (bensin premium-RON 88):

Gaya Bebas kecepatan rata-rata 30 kpj

14,72 kpl

Eco Riding kecepatan rata-rata 30 kpj

20,82 kpl

Konstan 40 kpj

78,89 kpl

Konstan 60 kpj

78,59 kpl

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.