Kompas.com - 07/01/2014, 17:58 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif — Peningkatan penjualan mobil di Indonesia tahun ini diprediksi bakal menembus 1,2 juta unit. Penjualan "mobil murah" yang tak terbendung dan menggerus pasar MPV bawah yang masih jadi favorit. Plus hadirnya MPV baru dengan harga terjangkau yang ikut meramaikan persaingan.

Beberapa bos ATPM di Tanah Air pun menyuarakan prediksi serupa seperti yang sempat diulas KompasOtomotif sebelumnya. Hal tersebut juga disebabkan hadirnya beberapa model baru yang mengisi pasar gemuk tahun ini.

"Mobil Murah"
Program mobil murah ramah lingkungan (LCGC) memang memiliki andil besar naiknya penjualan mobil. Hal tersebut membuat beberapa produsen berusaha untuk menghadirkan model tersebut. Pada 2013 sudah ada empat model yang dijual, yaitu Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, dan Suzuki Karimun Wagon R. Sejak perdana dipasarkan September lalu, kuartet mobil murah September-November tercatat 36.916 unit (data Gaikindo).

Pada 2014 akan ada dua model baru yang muncul dan keduanya dari Datsun, Go+ (MPV) dan Go (hatchback). Kalau penjualan keduanya diperkirakan mencapai 15.000 per tahun, berarti untuk segmen mobil murah diprediksi tembus 170.000 unit.

MPV Sejuta Umat
Menarik lagi, pasar MPV dengan harga terjangkau juga akan mendapat pendatang baru yang cukup diperhitungkan, Honda Mobilio. Konsumen berarti mendapat pilihan baru selain Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan Chevrolet Spin.

Honda sendiri menargetkan menjual Mobilio 80.000 pada 2014. Berarti berusaha merebut 20 persen pasar MPV bawah tahun ini yang diprediksi terjual 400.000 unit. Tahun lalu saja, pada Januari-November, segmen tersebut mampu terjual 351.874 unit.

Bakal makin seru lagi saat Datsun Indonseia menawarkan Go+ (MPV 7 penumpang) dengan banderol di bawah Rp 100 juta. Sementara MPV bawah termurah saat ini masih di atas Rp 100 juta. Peluang ini juga bakal dimanfaatkan Suzuki dengan menyiapkan Karimun Wagon R 3 Rows, yang juga masuk program LCGC.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.