11,8 Juta Unit Mobil Otonomos Bakal Terjual di 2035

Kompas.com - 05/01/2014, 13:30 WIB
Teknologi otonomos diprediksi lebih laris ketimbang mobil listrik. GMTeknologi otonomos diprediksi lebih laris ketimbang mobil listrik.
|
EditorAris F. Harvenda
Detroit, KompasOtomotif - Konsultan industri otomotif, IHS Automotive, memprediksi teknologi mobil otonomos perlahan semakin besar di dunia. Ke depan, minimal 9 persen terhadap total penjualan mobil di dunia akan diisi oleh mobil yang punya teknologi mengemudi sendiri itu.

Egil Juliussen, analis IHS Automotive mengatakan, sudah dilakukan penelitian mendalam soal masa depan teknologi yang lagi marak dikembangkan, otonomos. Sampai saat ini, memang belum ada kejelasan mulai kapan jenis kendaraan ini mulai dijual, tetapi IHS Automotive memprediksi mulai ditawarkan beberapa merek mulai 2025.

Pada tahun pertama pemasaran, mobil berteknologi otonomos akan terjual sekitar 230.000 unit, di bawah 1 persen terhadap total penjualan global yang diprediksi 115 juta unit. Tapi, satu dekade setelah pemasaran perdana, jumlah ini akan melesat signifikan menjadi 11,8 juta unit atau 9 persen terhadap prediksi penjualan global 129 juta unit.

Juliussen menambahkan, pasar utama untuk mobil otonomos merupakan negara maju, seperti Amerika Serikat, Eropa Barat, dan Jepang. Pertumbuhan penjualan teknologi ini akan jauh lebih pesat ketimbang mobil listrik murni yang masih harus berkutat dengan ongkos produksi baterai yang mahal.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.