Kompas.com - 31/12/2013, 11:01 WIB
Penulis Zulkifli BJ
|
EditorZulkifli BJ

 

cleanairmag.de Angela Merkel (paling kiri), Nico Rosberg, Dr Dieter Zetsche dan Michael Schumacher (nomor dua dari kanan) pada acara F-Cell Tour Mercedes-Benz
Motor und Sport Michael Schumacher dalam perjalanan karirnya: masih sebagai pembalap DTM kiri) dan terakhir di Mercedes AMG F1.

Grenoble, KompasOtomotif — Belum ada perkembangan baru tentang kondisi juara tujuh kali Formula 1, Michael Schumacher, sejak dirawat di rumah sakit Universitas Grenoble, Perancis, setelah mengalami kecelakaan saat main ski di Alpen pada Minggu siang lalu. Hanya, diberitakan, berdasarkan informasi dari Sabine Kehm (manajer), semua anggota keluarga Schumi, istri (Corina) dan kedua anaknya (Gina Maria dan Mick), menungguinya di samping tempat tidur. Mantap, pebalap Formula 1 paling sukses tersebut tetap berada di ICU.

Dibuat koma 
Michael memang dibuat koma secara medis untuk melepaskan tekanan di otaknya. "Keluarga tidak berada dalam kondisi baik. Mereka shock," ucap Sabine kepada wartawan yang menunggu.

Profesor Jean-Francois Payen dari rumah sakit Universitas Grenoble  mengatakan pada jumpa pers bahwa mereka tidak dapat memberikan prognosis untuk Schumi. "Ia dalam kondisi kritis, gegar otak. Kami bekerja jam demi jam," lanjutnya. 

Profesor Payen mengatakan, jika Schumacher tidak menggunakan helm, "Dia tidak akan berada di sini sekarang. Kami harus melakukan operasi untuk melepaskan beberapa tekanan di otaknya," kata spealis anestesi tersebut.

Stephan Chabardes, ahli saraf, mengatakan bahwa setelah operasi, hasil pindai memperlihatkan luka saraf yang menyebar (diffuse hemorrhagic lesions) pada kedua sisi otak Schumacher. Menurut BBC, kondisi koma dapat berlangsung selama beberapa minggu sementara kondisi pasien distabilkan. Untuk kembali ke kondisi semula, diperlukan waktu pemulihan yang berbulan-bulan.

Dokter juga telah menurunkan suhu badan Schumacher menjadi 34 hingga 35 derajat Celsius untuk membuatnya koma, memperlambat metabolisme yang membantu mengurangi peradangan.

Angela Merkel 
Berita kecelakaan Schumi telah menyebar ke seluruh dunia. Para penggemar dan juga pebalap F1 terus memberikan dukungan melalui Twitter. Mereka berharap Schumacher cepat sembuh. 

Kanselir Jerman Angela Merkel melalui juru bicaranya mengatakan, secara pribadi dan pemerintah, seperti jutaan orang Jerman lainnya, ia terkejut dengan kabar tersebut.

"Kami berharap, Michael Schumacher dan keluarganya dapat mengatasi hal ini dan segera pulih dari cedera," ujar juru bicara Angela Merkel

Pada Senin kemarin, beberapa penggemar Schumi juga berkumpul di luar rumah sakit Universitas Grenoble. Nuravil Raimbekov, seorang pelajar dari Kirgistan, yang belajar di kota tersebut, mengatakan bahwa Schumacher telah memberinya inspirasi. "Saya cemas, sudah pasti! Namun, saya masih berharap, saya berdoa untuknya," kata Raimbekov. 

 

Halaman:
Baca tentang
Sumber BBC


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.