Kompas.com - 30/12/2013, 13:44 WIB
Yamaha R15, lebih bertenaga ketimbang V-ixion. iamabikerYamaha R15, lebih bertenaga ketimbang V-ixion.
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif — PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memastikan kedatangan Yamaha R15 untuk menemani R25 sebagai jurus pamungkas 2014. Sepeda motor yang kerap disapa V-ixion ber-fairing ini diketahui akan meluncur lebih dulu ketimbang R25, yakni pertengahan 2014.

iamabiker Secara keseluruhan, bobot makin ringan.

Di kelas ini, Yamaha sangat bernafsu mengambil peran. Selama ini, sepeda motor 150cc ber-fairing di Indonesia cuma ada Honda CBR150R, Minerva VX 150, atau Kawasaki Ninja RR untuk penyuka sepeda motor 2-tak. Sukses V-ixion diharapkan mengatrol R15 dalam waktu tak lama.

iamabiker Desain terinspirasi R6 dan R1.

Jika dibedah lebih dalam, maka R15 tak sekadar V-ixion yang diberi jubah. Banyak spesifikasi yang membedakan, tentunya harga juga ikut naik. Yutaka Terada, Direktur Pemasaran Eksekutif YIMM, menegaskan hal tersebut dalam kesempatan di Yamaha Flagship Store beberapa waktu lalu.

”Komponen berbeda, termasuk rangka aluminium dan bagian lainnya. Tenaga juga lebih besar (dibandingkan V-ixion). Banyaklah (bedanya),” kata Terada tanpa mau merinci detail dan kisaran harga.

Lebih baik
Spesifikasi disinyalir akan sama dengan R15 yang saat ini dipasarkan di India. Fairing-nya futuristik, lengkap dengan bodi bertekstur karbon hingga lengan ayun aluminium untuk pemangkasan bobot. Kabarnya, bahan pembuat rangka delta box-nya juga lebih ringan.

Secara dimensi, jarak sumbu roda lebih panjang ketimbang V-ixion. Mesin yang digendong sama, 149,8 cc, 4-klep, SOHC, berpendingin cairan dengan rasio kompresi 10,4:1. Namun, tenaga sedikit di atas V-ixion, yakni 16,83 PS/8.500 rpm dan torsi 15 Nm/7.500 rpm. (16,43 PS dan 14,5 Nm untuk New Vixion).

Ada perubahan pada ECU yang membuat tenaganya naik sedikit. Ini didukung dengan transmisi 6-percepatan. Akselerasi 0-100 kpj ditempuh dalam 11,5 detik, sebelum meraih top speed 130 kpj.

Sekarang waktunya mengandai-andai. Jika saat ini New V-ixion Lightning dijual antara Rp 21,7 juta-Rp 23,8 juta, maka R15 kemungkinan besar akan dibanderol di atas Rp 30 juta. Bahkan, saat ini sudah ada importir umum yang menjual model tersebut di atas Rp 40 juta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya