Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang Diskon Berlanjut pada 2014

Kompas.com - 30/12/2013, 12:21 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Bagi Anda yang belum sempat membeli mobil tahun ini dengan harapan memperoleh diskon besar, jangan khawatir! Dipastikan aksi "banting harga" hampir terjadi pada semua model yang berlanjut sepanjang 2014.

Para APM berancang-ancang menaikkan harga semua model menyusul Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) yang juga naik. Setiap merek membuat target penjualan 2014 yang sama dengan tahun ini tau naik sedikit.

"Diskon akan tetap berlangsung, sepanjang tahun depan," tukas Davy Tuilan, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Jaringan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Jakarta Selatan, akhir pekan lalu.

Aksi banting harga sudah berlangsung sejak kuartal terakhir karena persaingan antar merek semakin ketat. Terutama di beberapa segmen utama MPV 7-penumpang, saat ini menguasai sekitar 30 persen pasar nasional. "Kami sebenarnya tidak mau memberi diskon. Namun   pemimpin pasar sudah banting harga. Mau-tidak-mau harus mengikuti," beber Davy.

Ditambahkan, suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) yang saat ini sudah 7,5 persen membuat cicilan mobil baru jadi semakin berat. Tanpa diskon, konsumen tidak akan mau beli mobil. Inilah pemicunya!

"Pasar 2014 semakin semu. Orang dipaksa membeli mobil. Sama seperti yang terjadi pada akhir tahun ini (2013),'" tutup Davy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com