Kompas.com - 27/12/2013, 11:27 WIB
Ferrari siapkan duet Rossi dan Alonso buat balap Le Mans Ferrari siapkan duet Rossi dan Alonso buat balap Le Mans
|
EditorAris F. Harvenda
Maranello, KompasOtomotif - Kabar Ferrari kembali terjun ke ajang Le Mans makin santer terdengar. Peraturan baru balap ketahanan yang dikeluarkan ACO, menurut Antonello Coletta, Kepala Program Balap Ferrari, sangat memungkinkan merek berlogo Kuda Jingkrak tersebut ikut di kelas bergengsi, LMP1. Hal tersebut merupakan kelanjutan dari statementyang sempat dikumandangkan Stefano Domenicali, bos tim F1 Scuderia dan juga Presiden Ferrari, Luca di Montezemolo.

Perkembangan terbaru kini melangkah pada rumor pebalap yang akan berada di balik kemudi. Konon kabarnya, Valentino Rossi dan Fernando Alonso disiapkan untuk menjadi "joki" di musim 2015 dan 2016. Berita tersebut muncul dari penuturan Mark Webber, mantan pebalap F1 Red Bull Racing, lewat twitter seperti dilansir Autoblog, Kamis (26/12/2013).

Senjata Ampuh
Bisa jadi keduanya akan berduet bersama, atau salah satu di antaranya akan berduet bersama Marc Gene, test driver Ferrari, yang pernah juara Le Mans menggunakan Peugeot pada 2009. Apapun pilihannya, duet di antara ketiga pebalap tersebut bakal jadi senjata ampuh berdasarkan pengalaman masing-masing.

Kemungkinan paling besar saat ini tertuju pada Rossi, juara MotoGP 7 kali tersebut punya kesempatan besar bakal menunggangi LMP1. Alasan pertama perihal kabar hengkangnya "The Doctor" jika tidak kompetitif di MotoGP 2014. Ditambah lagi beberapa kali pebalap asal Italia itu kerap menjajal jet darat Ferrari dan juga ikut balap Blancpain Endurance Series menggunakan 458 Italia GT3 musim lalu.

Siapapun yang mengisi "kursi panas" tersebut bakal mengibarkan kembali bendera Ferrari di ajang balap ketahanan paling bergengsi di dunia. Kuda Jingkrak punya sejarah panjang dan termasuk tim yang disegani. Pernah meraih 9 kali juara dunia sejak ikut pertama kali di 1960. Kemenangan pertama diraih pada 1965 oleh Masten Gregory dan Jochen Rindt. Setelah itu ada beberapa nama yang ikut mengharumkan nama Ferrari di Le Mans, seperti Jacky Ickx, Brian Redman, Arturo Merzario, Carlos Reutemann, Carlos Pace dan Tim Schenken. Debutnya berakhir pada 1974, namun tetap berkecimpung di Le Mans dan bermain di kelas GT.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.