Flossie, ”Biker” Robot Spesialis Tester Oli

Kompas.com - 27/12/2013, 10:36 WIB
Flossie, robot pengetes oli dari Castrol. Flossie, robot pengetes oli dari Castrol.
|
EditorZulkifli BJ

London, KompasOtomotif – Castrol kembali mengenalkan Flossie, robot biker yang senantiasa ”tancap gas” di laboratorium untuk mengetes performa pelumas sepeda motor. Si robot pintar ini sebenarnya sudah pernah muncul pada 2009, dan sampai saat ini kondisi fisiknya masih sehat dan terus melakukan tes demi tes.

Flossie bisa mengendarai sepeda motor jenis apa saja, dari sport, moge sampai skuter. Carabya, sepeda motor diikat padas dinamometer. Sama seperti manusia, Flossie dibekali modul untuk belajar. Dia bisa merasakan pola perpindahan gigi, kehalusan memindah gigi, hingga respons gas.

Bedanya, robot ini diprogram untuk mengganti gigi berulang-ulang. Hal ini membantu para ahli kimia mengetahui ketahanan dan performa pelumas yang digunakan selama berbulan-bulan.

Keuntungan mempekerjakan Flossie, tidak pernah merasa lelah, sakit atau cedera. Juga cuek dengan raungan mesin yang bekerja hingga putaran16.000 rpm selama beberapa jam. Terus mengendarai  sepeda motor pada suhu panas dan dingin ekstrem tanpa jaket dan juga tidak pernah mengeluh. Sejauh ini, Flossie masih ngendon di pabrik Castrol di Inggris.

Untuk mengetahui  cara Castrol menguji pelumasnya, simak video berikut:

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Motorcycle
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.