Pelesir Nyaman Pakai "Mobil Murah", asal...

Kompas.com - 24/12/2013, 12:19 WIB
Pelesir pakai Pelesir pakai "mobil murah"
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif — Keberadaan mobil murah ramah lingkungan (LCGC) kini sudah makin merebak. Penjualan Agya, Ayla, Satya, dan Wagon R hingga November lalu, berdasarkan data wholesales Gaikindo, sudah 36.916 unit. Bahkan, keempat model tersebut sudah banyak berseliweran di jalan. Tentunya beberapa pemilik ingin merasakan liburan menggunakan mobil kesayangannya tersebut.

Nah, bagaimana memperlakukan mobil murah itu agar pelesir makin aman dan nyaman, apalagi bagi yang menggunakan mesin 3-silinder berkapasitas di bawah 1.000 cc, seperti Agya, Ayla, dan Wagon R.

Beberapa anggapan miring terhadap kemampuan mobil murah pun langsung ditepis Iwan Abdurahman, Section Head Technical & Warranty Department Toyota Astra Motor. "Tidak ada bedanya mengemudikan Agya dengan Avanza, Innova, Yaris, ataupun Vios. Paling penting adalah sejauh mana pengemudi mengetahui karakter mobil yang dikendarainya," ujar Iwan.

Jalan
Menurutnya, tidak ada hal yang harus dipersiapkan khusus ketika menggunakan mobil bermesin mungil untuk pelesir ke luar kota. Selama melintas di aspal dengan kontur yang normal, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Hanya diingatkan, pengemudi harus tahu persis kesesuaian tenaga mobil dengan bobot, baik penumpang maupun barang.

"Kecepatan berakselerasi saat sendiri dengan bobot penuh akan berbeda, itulah yang harus dipahami. Pede saja tidak cukup, dan itu berlaku saat mengendarai model apa pun. Hal tersebut berpengaruh pada akselerasi dan stabilitas," tambahnya.

Pengecekan
Karena tergolong baru, disebutkan bahwa pengecekan khusus tidak perlu dilakukan. Namun disarankan, ada baiknya melakukan servis lebih awal bagi yang sudah mendekati waktu perawatan berkala. Selain itu, ada beberapa hal yang patut diperiksa, seperti cairan rem, cadangan air wiper, radiator, dan oli mesin sebagai langkah antisipasi. Jika ada yang berkurang, terutama cairan rem dan radiator, maka tanyakan ke bengkel resmi.

Jangan lupa pula cek ban cadangan lengkap dengan kunci pendukung. Periksa tekanan angin sebelum melakukan perjalanan. Pastikan Anda sudah menyimpan nomor telepon bantuan darurat. Awali dengan doa agar selamat sampai tujuan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.