Kompas.com - 24/12/2013, 10:23 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Iwata, KompasOtomotif — Yamaha mempercepat rencana produksi kendaraan roda empat, dari semula ditargetkan pada 2020, menjadi tahun depan! Hal ini ditegaskan oleh Presiden dan CEO Yamaha Motor Co, Hiroyuki Yanagi, dalam wawancara dengan media Jepang pada akhir pekan lalu. Juni 2014 ditetapkan sebagai masa produksi, dan peluncuran dijadwalkan pada bulan November.

"Kami ingin lebih cepat karena produksi bisa fleksibel tanpa didasari investasi yang besar. Untuk awal, angka produksi mungkin kecil," ujar Yanagi. Lokasi produksi, detail produk, dan harga, lanjut Yanagi, akan diumumkan segera pada tahun depan. Mobil-mobil yang disiapkan bakal sangat kompetitif dari segi harga.

Model pertama yang dirilis adalah mobil dua penumpang dengan kapasitas mesin 1.000 cc berbahan bakar bensin. Kendaraan elektrik kecil akan diluncurkan pada 2020.

Kecurigaan KompasOtomotif tertuju pada Yamaha Motiv, mobil dua penumpang yang sudah dipamerkan di Tokyo Motor Show pada bulan lalu. Mobil ini adalah hasil kerja sama dengan Gordon Murray Design dalam hal estetika bentuk.

Pengalaman
Jika ditelusuri lebih jauh, maka sebenarnya perusahaan berlogo garpu tala itu sudah berpengalaman dalam membuat mesin mobil. Mereka pernah memasok mesin untuk Toyota 2000GT pada 1967-1970, salah satu sportscar yang menjadi ikon bagi Jepang. Dari situ, Yamaha kembali mengembangkan mesin empat silinder Toyota Celica, lalu mesin 3.000 cc V6 milik Ford Taurus SHO, mesin V8 untuk Lexus LFA, hingga banyak lagi pada mobil Volvo.

Kendati demikian, Yanagi tetap realistis bahwa tantangan terberat sekarang adalah pemasaran dengan mencari metode penjualan yang tepat. Langkah awalnya dengan memanfaatkan jaringan sepeda motor. Satu hal yang pasti, tidak ada kata kerja sama dengan produsen mobil lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.