VW Golf Capai Produksi Ke-30 juta unit

Kompas.com - 17/06/2013, 10:33 WIB
Golf generasi pertama dan generasi ketujuh. Golf generasi pertama dan generasi ketujuh.
EditorAris F Harvenda

Wolfsburg, KompasOtomotif - Model andalan Volkswagen sejak 39 tahun lalu, Golf, pekan lalu mencapai produksi bersejarah, ke-30 juta unit. Kalau di rata-rata, setiap bulannya terjual 2.000 unit per bulan sejak diluncurkan pada 1974.

Angka bersejarah ini ditandai dengan produksi Golf TDI BlueMotion - generasi ketujuh - di pabrik Wolfsburg, Jerman dengan klaim konsumsi bahan bakar rata-rata 3,2 liter per 100 km (31,25 kpl). Bos VW, Martin Winterkorn Group, hadir pada perayaan sekaligus menerima penghargaan Golf sebagai "Car of the Year 2013".

"Sejarah Golf bagian sejarah otomotif. Dengan teknologi, gerak depan, TDI, ESC (Electronic Stability Control), transmisi dual kopling dan Automatic Post-Collision Braking System pada generasi terbaru, mobil ini terus menunjukkan kemajuan," beber Winterkorn yang dilansir Carscoop, akhir pekan lalu.

Penghargaan mobil terbaik tahun ini diperoleh dari 60 anggota juri dari seluruh media internasional. Golf merupakan model terlaris VW di seluruh dunia, melampaui prestasi Mercedes-Benz A-Class. Tahun lalu, VW Up! berhasil menyabet peredikat ini.

Sejarah singkat Golf
Golf I – 1974- 1983
Mobil ini dikenal revolusioner kala itu karena mulai menggunakan  mesin berpendingin cairan (sebelumnya udara, seperti yang digunakan pada VW Beetle). Dengan desain "boxy" karya Giorgetto Giugiaro, Golf diproduksi dari basis Beetle.

Golf II –1983-1991
Generasi kedua ini menjadi evolusi pertama Golf  dengan memperkenalkan teknologi controlled catalytic converter (1984), ABS (1986) dan all-wheel drive (1986). Semua generasi Mk2 mengikuti filosofi desain baru sekaligus menjadi kiblat model-model lain VW.

Golf III –1991-1997
VW menambah kelengkapan keselamatan mulai 1991. Model pertama dengan kantung udara depan (1992) dan stuktur bodi yang lulus tes uji tabrak. Mesin TDI juga diperkenalkan pada Mk3.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Golf IV -1997- 2003
Generasi keempat, didesain  olehHarmut Warkub sekaligus menjadi cermin bentuk VW masa depan. Sempat disebut sebagai yang terdepan oleh berbagai ahli. Generasi keempat ini juga dilengkapi dengan beberapa teknologi baru, yaitu ESC (1998) dan transmisi dual kopling (2002).

Golf V – 2003 -2008
Generasi kelima diproduksi dengan las laser yang mampu meningkatkan kekokohan struktur bodi sampai 35 persen. Juga diperkenalkan Golf BlueMotion pada 2007 dengan konsumsi bahan bakar 4,5 liter per 100 km (22,2 kpl).

Golf VI – 2008 - 2012
Merupakan pengembangan dari Mk5, Sebagian pengamat menganggapnya sebagai facelift dari generasi sebelumnya. Namun untuk keselamatan, Golf mendapat  bintang dari EuroNCAP. Juga mengukuhkan mesin TSI dan mulai menggunakan mesin diesel commonrail. Konsumsi BBM jmenjadi 3,8 liter per 100 km (26,3 kpl).

Golf VII – 2012 - Sekarang 
Generasi terakhir, Mk7  lebih ringasn 100 kg, konsumsi bahan bakarnya lebih irit sampai 23 persen dari sebelumnya. Model ini merupakan generasi paling lengkap dasri yang pernah diproduksi. Kelengkapan keselamatan baru yang dipasang adalah PreCrash dan Automatic Post-Collision Braking System.
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.