Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedrosa Terganggu Sama Ban

Kompas.com - 16/06/2013, 23:50 WIB

Catalunya, KompasOtomotif - Pebalap Repsol Honda Dani Pedrosa mengaku gagal memenangkan lomba dan hanya finis kedua di rumah sendiri MotoGP Spanyol di sirkuit Catalunya (16/6) lantaran ban. Padahal, saat kualifikasi ia sudah memberi sinyal akan meraih kemenangan dengan merebut posisi start terdepan dan bahkan catatan waktunya yang 1 menit 40 detik lebih itu mematahkan rekor Casey Stoner yang 1:41,183 yang diukir 2008.

Di luar dugaan, saat start justru Jorge Lorenzo dengan Yamaha melejit duluan dan Pedrosa tak mampu mendekati selama lomba. Malah, pebalap Honda itu ditempel ketat rekan setimnya Marc Marques yang sempat motornya oleng karena kaget dan beruntung tidak jatuh.

"Itu tidak seperti kemarin (kualifikasi)," ungkap Pedrosa. Saya sudah membalap halus, lanjutnya, tapi ketika coba saya dorong sedikit dan meningkatkan irama, daya cengkeram ban depan tidak mendukung di setiap tikungan.

Ditambahkannya, dirinya terpaksa harus menunggu lama, tapi setelah membuang banyak lap, ia harus berjuang di setiap tikungan. Masalah lepasnya posisi terdepan di awal lomba bukan hal krusial, tapi performa motor tidak seperti yang diharapkan membuatnya tidak bisa mengimbangi Lorenzo.

"Awal itu (kedua saat start) tidak buruk, cukup baik. Tapi, jelang dua tikungan terakhir, saya tidak bisa melaju cepat. Saat di trek lurus, Lorenzo dapat memperlebar jaraknya," keluh Pedrosa.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com