Kompas.com - 16/06/2013, 08:37 WIB
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Sejumlah anak tampak serius duduk di jok Honda Freed sembari memainkan setir dan melihat situasi jalan di layar 26 inci. Sesekali tangannya sibuk memainkan tuas transmisi, kaki menginjak pedal gas atau rem. Bukan ”nge-game”, anak-anak ini sedang belajar berkendara didampingi instruktur di stand Honda untuk mendapat ”SIM A” di Kota Kidzania.

Honda Safety Driving Simulator (HSDS) adalah fasilitas baru dari PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk Kidzania, Mal Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan untuk mendidik tata tertib berlalu-lintas sejak dini. Anak-anak diharapkan mendapat pengalaman menyetir mobil lebih nyata, mengenal rambu-rambu, petunjuk jalan, hingga membiasakan memakai sabuk keselamatan.

”Wahana permainan edukatif ini cara yang sangat efektif dan menyenangkan untuk mengajarkan tertib berlalu-lintas dan berkendara aman untuk anak-anak. Karena ditanam sejak dini, kelak mereka menjadi pengemudi yang lebih baik atau mengingatkan orang tuanya untuk terus berkendara aman,” jelas Jonfis Fandi, Direktur Pemasaran dan Purnajual HPM pada persemian HSDS, Sabtu (15/6).

Sejak 2007, Honda dan Kidzania sudah menjalin kerjasama. Untuk ini, Honda (HPM) mendirikan stand terdiri dari dealer dan sekolah mengemudi. Selain anak-anak bisa bermain sebagai penjual dan pembeli, mereka juga diigiring mengendarai mobil mini di miniatur jalan raya yang dilengkapi lampu merah, pompa bensin dan bengkel.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombespol DR. Chrysnanda Dwilaksana ikut hadir dalam peresmian menyatakan, yang  dilakukan HPM sangat positif. ”Bahwa tidak semata-mata bisnis, tapi meningkatkan kesejahteraan hidup, meminimalisasi kecelakaan dengan menanamkan kesadaran, disiplin dan tanggung jawab berlalu-lintas," katanya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.