Inggris Akan Geser Prancis Sebagai Produsen Mobil Nomor 2 Eropa

Kompas.com - 14/06/2013, 08:52 WIB
Suasana setelah masuk pintu depan. donny aprilianandaSuasana setelah masuk pintu depan.
EditorAris F Harvenda

London, KompasOtomotif - Inggris siap menggeser Peransis sebagai negara dengan produsen mobil terbesar kedua di Uni Eropa dalam lima tahun mendatang. Kuncinya, selama pasar dan ekspor pertumbuhannya terjaga seperti sekarang. Nissan, Mini dan Jaguar-Land Rover adalah merek utama yang membuat Inggris sebagai basis produksi, termasuk untuk ekspor.

"Harapan itu bisa terwujud, jika perakitan di Inggris tetap produksi dengan kapasitas penuh dalam waktu dekat," komentar Andy Palmer, Wakil Presiden Eksekutif Nissan Eropa yang dilansir Autonews, kemarin (13/6/2013).

Pabrik perakitan Nissan di Sunderland, sebelah Utara Inggris hampir mencapai kapasitas produksi penuh. Sedangkan pabrik Mini di Oxford, Inggris Selatan, produksinya juga melonjak berkat penjualannya yang terus naik di negara-negara berkembang.

Produksi
Tahun lalu, produksi mobil Inggris 1,5 juta dan Prancis 1,9 juta unit. Saat ini, pasar Prancis semakin suram akibat krisis hutang  Eropa. Jerman sebagai neara produsen terbesar, tahun lalu produksinya 5,5 juta unit.

Produksi di Inggris bisa mencapai 2 juta unit pada 2018, sekaligus melewati rekor 1,92 juta unit yang pernah dicapai pada 1972. Tahun lalu, 82 persen dari kendaraan yang dibuat di Inggris, diekspor.

 

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X