Toyota Targetkan Penjualan Prius 250.000 unit di AS

Kompas.com - 14/06/2013, 07:01 WIB
Prius Plug In masih jadi andalan Toyota untuk mengurangi emisi gas buang. Prius Plug In masih jadi andalan Toyota untuk mengurangi emisi gas buang.
EditorAris F Harvenda

Nagoya, KompasOtomotif - Toyota Motor Corporation (TMC) yakin bisa mencapat target penjualan seperempat juta unit Prius pada tahun ini di Amerika Serikat (AS). "Kami berada di jalur target 250.000 unit untuk semua keluarga Prius. Optimisme terlihat dengan semakin membaiknya perekonomian di AS," jelas Jim Lentz, Chief Executive Officer Toyota Amerika Utara di Nagoya, Jepang yang dilansir Inautonews, kemarin (12/6/2013).

Optimisme ini disampaikan setelah Toyota mengumumkan penjualan Mei lalu tumbuh 2,5 persen menjadi 207.952 unit. Prius menyumbang 23.522 unit atau naik 9,5 persen dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya 21.477 unit.

Kendati demikian, Toyota harus menghadapi persaingan yang makin ketat tahun ini karena harga bensin turun. Isyu menggunakan kendaraan hemat bahan bakar, seperti hibrida akan dilupakan. Apalagi, untuk Januari-Mei 2013, penjualan Prius sebenarnya turun 7,8 persen, yaitu 99.135 unit dari sebelumnya (untuk periode yang sama),107.504 unit.

Mei lalu merupakan bulan "emas" bagi hampir seluruh merek di AS. Penjualan melonjak karena konsumen ramai-ramai meremajakkan kendaraannya, terutama jenis pikap yang sempat tertunda lantaran krisis ekonomi pada beberapa tarhun terakhir. Total penjualan mobil di AS pada bulan lalu 1,4 juta unit, naik 8 persen dari sebelumnya.

Nissan, mengaku berhasil mencapai penjualan tertinggi bulan lalu. Hal tersebut berkat strategi menurunkan harga 7 model andalannya. Sampai saat ini, banyak analis dan peneliti pasar memprediksi, penjualan mobil di AS tahun ini akan mencapai 15 -15,5 juta unit atau naik 0,5 sampai 1 1 juta unit dari tahun lalu.
 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X