Kompas.com - 12/06/2013, 14:58 WIB
Diklaim tahan banting Donny ApriliandaDiklaim tahan banting
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif - Yamaha semakin melengkapi deretan produk berteknologi injeksi dengan menelurkan Force di Ancol, Jakarta Utara (12/6). Berarti, semua segmen sepeda motor berlogo garputala ini sudah berteknologi injeksi. Yang menarik dari bebek ini, desainnya lebih sporty.

Menurut Dyonisius Beti, Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Force adalah sepeda motor low entry dengan teknologi dan tampang modern. "Ibaratnya kuda, dipakai sehari-hari untuk perkotaan yang tahan banting, tapi kami memerhatikan desain yang menarik. Bisa dipakai kerja, kuliah, atau kebutuhan apa pun," tegasnya.

Suara lebih mantap

Arti modern seperti kata Dyon adalah desain bodi baru. Mulai dari lampu utama dan lampu sein di bawahnya, tameng angin, berkesan agresif dengan beberapa sudut. Semua itu dipadu pelek racing, dan knalpot berdimensi seimbang yang dikatakan mengeluarkan suara lebih mantap.

Desain baru speedometer dilengkapi dengan indikator perpindahan gigi dan mesin untuk memantau kinerja jantung pacu Fuel Injection. Secara keseluruhan, desain tampak ramping dengan jok lebih panjang. Posisi mengendarai juga mendapat perbaikan dengan rangka diamond.

Memenuhi kebutuhan sehari-hari dan keamanan, varian ini dilengkapi kunci kontak dengan pengaman ganda, sehingga aman dari risiko pencurian. Bagasi luas, berkapasitas 9,2 liter.

Torsi besar
Jantung 115cc diklaim lebih bertenaga, dengan karakter torsi besar untuk menunjang pengendaraan sehari-hari. Menurut Bayu Astyawanto, Supervisor Technical Publication, Service Division YIMM, Force mengalami perbaikan di berbagai titik, sehingga karakternya beda dengan Jupiter Z1.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pengembangan sebenarnya hampir sama dengan Z1, tapi arahnya beda. Force lebih kuat di tenaga, Z1 lebih mengutamakan kecepatan. Lubang isap dan saluran pembuangan didesain beda, gigi reduksi diubah, berikut koplingnya. Ini untuk mengejar torsi besar," jelas Bayu.

Yamaha Force hadir dalam dua seri, Force Sporty dan Force Elegant yang dibedakan dari warna. Force Sporty untuk penyuka desain trendi dan berjiwa muda dengan kombinasi warna-warna lebih cerah dan berani. Ada tiga pilihan, White Force (kombinasi putih dan biru), Red Active (merah kombinasi hitam), dan white Shadow (putih kombinasi hitam).

Lalu ada seri Force Elegant dihadirkan untuk penyuka warna simpel dan elegan, tapi berkelas. Empat warna Force Elegant diantaranya Black Action, Red Spirit, White Power

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X