Konsumsi BBM VW XL1 Tidak Sesuai dengan Klaim Pabrik

Kompas.com - 12/06/2013, 08:59 WIB
Tes dilakukan oleh Automotive Magazine. Tes dilakukan oleh Automotive Magazine.
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif - Volkswagen sempat menjadi pusat perhatian dunia ketika memperkenalkan model terbarunya XL1 dengan klaim konsumsi BBM 261 mpg atau 111 kpl. Mobil hibrida diesel ini langsung mendapat predikat sebagai salah satu mobil teririt di dunia. Kenyataannya?

Sejumlah jurnalis, termasuk Automobile Magazine diberi kesempatan menjajal kebolehan mobil ini di Jerman termasuk menghitung konsumsi BBM-nya di dunia nyata. Hasilnya, rata-rata konsumsi BBM XL1 hanya 160 mph atau 68 kpl. Meski jauh dari klaim pabrikan, namun tetap dinilai  oke! Masalah, tidak bisa lagi disebut sebagai super-irit!

XL1 juga diklaim mampu berakselerasi dengan pengendalian baik ketika mendahului mobil di depannya. Mobil ini mendapat pujian karena berarsitektur modern, dinamika yang optimal dan tetap hemat bahan bakar.

Kendati demikian, banderol XL1 tidak kompetitif karena produksinya yang terlalu sedikit. Kemampuan mobil ini bisa lebih baik lagi kalau VW menggunakan serat karbon untuk bodi. Dengan bobot yang lebih ringan, performa meningkat!

VW menggabungkan mesin konvensional diesel 800 cc, 2-silinder, 47 PS  dengan motor listrik 27 PS, transmisi, 7-percepatan dengan kopling ganda. Baterai - ditempatkan ruang mesin - bisa menjalankan mobil 49,8 km (listrik murni). Tahun ini hanya diproduksi 1.000 unit dengan banderol berkisar 50.000 dolar AS (Rp 491,2 juta).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X