Toyota, Nissan dan Honda Pulih di China

Kompas.com - 31/05/2013, 15:13 WIB
Ilustrasi Ilustrasi
EditorAris F Harvenda

Beijing, KompasOtomotif - Tiga produsen Jepang di China, Toyota, Nissan dan Honda memastikan kondisi bisnis mereka sudah pulih setelah menghadapi sentimen negatif pada akhir tahun lalu. 

Nissan menyatakan, produksinya naik 7,1 persen pada April 2013 menjadi 106.797 unit dari bulan sebelumnya, sedangkan Toyota 8,7 persen dan Honda 5,9 persen.

Ketiga produsen juga menyiapkan model-model khusus untuk mengenjot penjualan atau merebut hati konsumen yang sudah sempat berpindah ke merek Jerman dan Korea Selatan.

"Semua produsen akan meluncurkan model baru. Karena tak adalah lagi sentimen negatif terhadap Jepang, pemulihan akan terjadi dalam beberapa bulan ke depan," ujar Issei Takahashi, analis dari Credit Suisse AG di Tokyo yang dilansir Bloomberg, kemarin (30/5/2013). "Kendati demikian, pertumbuhan penjualan mereka masih jauh dari target awal."

Nissan berharap, bisa meningkatkan target penjualan sampai 16 persen bersama mitra lokalnya tahun ini. Sementara Direkur Toyota China, Hiroji Onishi, akhir bulan lalu mengatakan pemyulihan belum akan normal sampai musim semi tahun ini.

Pada April lalu, penjualan  Nissan naik 3,2 persen menjadi 103.300 unit dengan peluncuran Teana dan Sylphy. Toyota turun 6,5 persen, hanya 76.000 unit, sedangkan Honda juga turun 2,4 persen menjadi 60.605 unit.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X