Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Tata Anjlok 57 Persen

Kompas.com - 30/05/2013, 18:07 WIB

Delhi, KompasOtomotif - Dalam enam bulan terakhir, penjualan Tata Motors terus menyusut. Hal tersebut merupakan kinerja terburuk yang pernah dialami Tata Motors dalam 12 tahun terkhir di negaranya sendiri.

Tiga bulan pertama tahun ini, penjualan malah Tata turun sampai 57 persen, merupakan kondisi terparah sejak mantan bos Ratan Tata mengakuisisi Jaguar-Land Rover sejak 2008. Bahkan, pada periode Oktober-Desember tahun lalu, 72 persen keuntungan Tata Motors diperoleh dari kedua merek Inggris itu.  

Tata sudah mencoba berbagai strategi untuk merebut hati konsumen di India. Nano yang diandalkan untuk bersaing dengan Maruti Suzuki, belum bisa. memberikan hasil yang diharapkan. Strategi pembelian Nano dengan kartu kredit atau garansi uang kembali untuk Manza (sedan), tidak bisa mendongkrak penjualan.

Pada tahun fiskal lalu (berakhir Maret 2013), penjualan mobil penumpang Tata anjlok 15 persen. Padahal, penjualan mobil di India naik 2,2 persen.

"Tata sudah tidak dipandang lagi sebagai merek inspirasional di India. Tata harus mencoba terus karena model lama tak kunjung mucul. Tantangan utama kini, bertahan sembari menunggu model baru," beber Arora, lembaga peneliti yang berbasis di Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com