Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

All-New Carens Genjot Penjualan Kia Menjadi 16.000 unit

Kompas.com - 30/05/2013, 13:53 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Pertumbuhan penjualan mobil dengan rentang harga Rp 150 - 300 juta meningkat tajam dalam tujuh tahun terakhir. Pada 2005, segmen tersebut hanya menyumbang 34 persen, namun tahun lalu melesat 79 persen dari total penjualan mobil nasional yang juga terus naik. Karena itulah PT KIA Mobil Indonesia (KMI) ikut memanfaatkannya.

”Perekonomian Indonesia semakin baik dan tumbuh pesat. Di rentang harga itu kami sudah ada All-New Rio dan Sportage. Sekarang ada Carens baru, mengarah ke batas atas,” terang Hartanto Sukmono, Direktur Pemasaran KMI, Rabu (29/5/2013).

Meski cukup prospektif, Hartanto hanya menargetkan penjualan tahun ini 16.000 unit. Dari model terbaru ini, diharap bisa menambah 1.000 unit atau sekitar 6,25 persen. ”Kami tak mau jumawa,” tegasnya.

Suplai Aman
All-New Carens didatangkan utuh (CBU) dari Korea Selatan. KMI menjamin ketersediaan barang dan suplai tak akan terganggu. Bahkan KMI menjamin, jumlah yang dikirim ke Indonesia memenuhi target 1.000 unit bisa dicapai.

”Kami punya hubungan baik dengan prinsipal di Korea. Kami mendapat jatah lebih besar untuk Carens baru. Itu membuat kami lebih leluasa. Jadi jangan khawatir masalah pasokan dan stok,” ujar Hartanto.

Prestasi KIA di Indonesia, perlahan terus naik. Penjualan melebihi saudara tuanya, Hyundai. Jika pada 2009 penjualan Kia hanya 3.000-an unit, pada 2010 naik 6.500-an unit, 9.000-an pada  2011 dan tahun lalu mencapai 13.600-an.

Target 16.000  uni tahun ini bakal tercapai. Indikasinya, pada kuartal pertama, sudah berhasil menjual 4.200-an unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com