Kompas.com - 28/05/2013, 13:05 WIB
EditorAris F Harvenda

Berlin, KompasOtomotif — Kanselir Jerman Angela Merkel tetap yakin bisa mencapai target penjualan 1 juta mobil listrik murni pada akhir 2020 di negaranya, meski saat ini peminat masih dianggap rendah. Pada tahun lalu, total penjualan mobil listrik di Jerman tidak lebih dari 3.000 unit dari total pasar hingga 3 juta unit.

Kanselir Merkel menyatakan, untuk mencapai target itu, penting untuk diadakan kerja sama antar-negara perbatasan. Ketika teknologi listrik dapat melakukan revolusi industri otomotif, konsumen akan meninggalkan mobil konvensional. Saat ini, angka penjualan masih kecil karena harga mobil listrik mahal plus jarak tempuh yang terbatas.

Menurut Asosiasi Industri Otomotif Jerman (VDA), pelaku bisnis sudah berkomitmen menggelontorkan dana 12 miliar euro (Rp 152,03 triliun) untuk mengembangkan teknologi ramah lingkungan. Mulai dari penggerak sampai baterai untuk tiga sampai empat tahun ke depan.

"Mengemudikan mobil listrik bukan visi lagi, tapi realita. Ribuan mobil sudah ada di jalan kita dan akhir tahun depan produsen Jerman akan punya paling kurang 16 model mobil listrik yang sudah dijual ke konsumen," beber Presiden VDA Matthias Wissmann, yang dilansir Reuters, Senin (27/5/2013).

Menurut survei dari 1.000 pengemudi mobil di Jerman oleh ADAC, warga Jerman skeptis terhadap teknologi listrik ini dibandingkan dua tahun lalu. Mereka keberatan karena harus menunggu lama untuk mengisi ulang tenaga baterai. Hasil survei menyimpulkan, hampir setengah konsumen di Jerman kapok dan tidak mau membeli mobil listrik lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.