Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Optimistis Capai 1 Juta Mobil Listrik

Kompas.com - 28/05/2013, 13:05 WIB

Berlin, KompasOtomotif — Kanselir Jerman Angela Merkel tetap yakin bisa mencapai target penjualan 1 juta mobil listrik murni pada akhir 2020 di negaranya, meski saat ini peminat masih dianggap rendah. Pada tahun lalu, total penjualan mobil listrik di Jerman tidak lebih dari 3.000 unit dari total pasar hingga 3 juta unit.

Kanselir Merkel menyatakan, untuk mencapai target itu, penting untuk diadakan kerja sama antar-negara perbatasan. Ketika teknologi listrik dapat melakukan revolusi industri otomotif, konsumen akan meninggalkan mobil konvensional. Saat ini, angka penjualan masih kecil karena harga mobil listrik mahal plus jarak tempuh yang terbatas.

Menurut Asosiasi Industri Otomotif Jerman (VDA), pelaku bisnis sudah berkomitmen menggelontorkan dana 12 miliar euro (Rp 152,03 triliun) untuk mengembangkan teknologi ramah lingkungan. Mulai dari penggerak sampai baterai untuk tiga sampai empat tahun ke depan.

"Mengemudikan mobil listrik bukan visi lagi, tapi realita. Ribuan mobil sudah ada di jalan kita dan akhir tahun depan produsen Jerman akan punya paling kurang 16 model mobil listrik yang sudah dijual ke konsumen," beber Presiden VDA Matthias Wissmann, yang dilansir Reuters, Senin (27/5/2013).

Menurut survei dari 1.000 pengemudi mobil di Jerman oleh ADAC, warga Jerman skeptis terhadap teknologi listrik ini dibandingkan dua tahun lalu. Mereka keberatan karena harus menunggu lama untuk mengisi ulang tenaga baterai. Hasil survei menyimpulkan, hampir setengah konsumen di Jerman kapok dan tidak mau membeli mobil listrik lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com