Kompas.com - 27/05/2013, 18:23 WIB
Jelmaan Nissan GT-R GT3 Nismo Aris F. HarvendaJelmaan Nissan GT-R GT3 Nismo
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif - Keinginan yang sangat besar membalap dengan sportcar, membuat Hendy harus merombak sosok Nissan GT-R R35 keluaran 2010 miliknya. Dengan dukungan penuh dari kedua orang tua, mahasiswa Universitas Paramadina ini akhirnya bisa punya mobil balap, seperti GT3 Jepang. Sang ayah, Sonny Wicaksono, langsung bertindak sebagai "arsitek" modifikasi. 

"Kalau mau tahu spesifikasi lengkap, tanya sama ayah saja. Beliau yang tahu semuanya. Tugas saya, mengemudi dan memberikan masukan agar mobil bias dikebut lebih cepat lagi," beber Hendy.

Sang ayah, mantan pebalap sirkuit Ancol ini pun berrcerita dengan tentang perubahan yang dilakukan pada mobil anaknya. Untuk pemasangan dan setelan,dipercayakan kepada Bengkel AFJ di Duren Sawit, Jakarta.

Bodi 
Bagian tertentu dari bodi dipasangi komponen aerokit dari Nismo, yaitu sirip bemper depan, spoiler bemper depan dan belakang difuser dan dan sayap besar. Namun beberapa panel bodi, seperti spakbor depan dan belakang, pintu kanan dan kiri, kap mesin dan bagasi diganti dengan serat karbon agar lebih ringan dan aman. Kaca samping juga diganti dengan akrilik. Semuanya, sama dengan yang digunakan GT-R R35 Nismo GT3.

Kokpit dirombak. Kelengkapan yang tidak diperlukan dicopot. Antara lain, jok penumpang, trim, konsol hingga karpet. Setelah bersih, roll bar Cusco dipasang agar bisa mengikuti balap. 

Mesin
Kendati demikian, jeroan mesin masih standar. "Kita hanya mengganti intercooler, menambahkan pendingin oli dan DCT cooler. Setelah itu ditambahkan piggyback HKS FCon. Tenaga 600 PS sudahmumpuni untuk balap di sini," beber Sonny.

Untuk memindahkan tenaga, tetap mengandalkan bawaan pabrik. Hanya kopling yang diganti dengan produk Nismo yang bisa memindahkan tenaga sampai 1.000 PS.

Kaki
Agar stabil ketika membelok pada kecepatan tinggi, kaki-kaki, komponen kaki-kaki seperti stabilizer, bushing diganti dengan HKS.Namun untuk sokbreker dipilih M1 dan komponen rem seperti cakram, kaliper dan kampas pakai HKS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.