Industri Pendukung Mobil Listrik Israel Bangkrut

Kompas.com - 27/05/2013, 11:37 WIB
Bentuk stasiun pengisian baterai Better Place. Bentuk stasiun pengisian baterai Better Place.
EditorAris F Harvenda

Lod, KompasOtomotif - Better Place LCC, perusahaan yang bergerak di bidang pengisian baterai (charging station) yang berdiri November 2011 dan mulai beroperasi Januari 2012 di Israel, harus gulung tikar akibat kurang berkembangnya pasar mobil listrik. Meski sudah memiliki 100 pelanggan, pemilik saham mayoritas Israel Corporation mengajukan likuidasi  di pengadilan negeri distrik Lod Mahoz Merkaz, Israel.

"Situasi ini sangat sulit bagi kita semua. Sayangnya, setelah setahun beroperasi, mayoritas publik belum mau beralih (dari mobil konvensional) dan sokongan dari prinsipal mobil tidak kunjung datang," beber Dan Cohen, CEO ketiga Better Place dalam satu tahun terakhir, dilansir Bloomberg, kemarin (26/5/2013).

Harga mobil listrik yang tidak kompetitif dan jauh dibandingkan kendaraan konvesional menjadi masalah utama Better Place untuk berkembang. Di Kalifornia, AS, Better Place sempat mengoperasikan pusat pengisian dan penggantian baterai Palo Alto. Cabang ini juga sudah berhenti beroperasi sejak Februari 2013.
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.