Kerjasama McLaren-Honda Tak Hanya di F1?

Kompas.com - 24/05/2013, 17:32 WIB
Ilustrasi McLaren P13 Ilustrasi McLaren P13
EditorAris F Harvenda

Woking, KompasOtomotif - Kembalinya Honda menjadi mitra McLaren di ajang balap F1 di 2015, ternyata ada kepentingan lain. Rumornya, produsen mobil Jepang itu juga akan menyuplai mesin untuk mobil segmen terendah (entry level) yang kini lagi dikembangkan McLaren. Autocar coba mengkonfirmasi kebenaran isu tersebut dan sumber dari dalam perusahaan yang bermarkas di Woking, Inggris menyangkal keras, dikutip Motorauthority, kemarin (23/5).

Calon mobil jalanan McLaren yang baru berkode  P13 akan memakai mesin yang sama dengan MP4-12C dan P1. Jantung pacu tipe V8 kapasitas 3,8 liter turbo ganda, hanya spesifikasi diturunkan sedikit sehingga tenaga maksimalnya di bawah 500 PS. Saat ini mesin tersebut masih dipasok dari produsen Ricardo, Inggris.

Seperti diberitakan sebelumnya, body P13 akan menggunakan tipe monokok dengan bahan serat karbon. Rencananya mobil anyar itu akan diluncurkan pada 2015 berbarengan dengan kerjasama McLaren-Honda di F1 dan akan bersaing dengan pengganti Ferrari California, Audi R8 dan Porsche 911.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.