Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manuver di Sirkuit Sentul Naik All New Grand Livina

Kompas.com - 22/05/2013, 15:56 WIB

Bogor, KompasOtomotif - Sebelum diluncurkan yang rencananya minggu depan (29/5), Nissan Motor Indonesia (NMI) mengajak wartawan menjajal Grand Livina baru di sirkuit Sentul, Bogor, kemarin (21/5). Mengambil areal parkir dalam sirkuit tersedia beberapa sarana untuk menguji kehandalan MPV segmen bawah. Dimulai dari kestabilan, kenyamanan, radius putar, sampai pengereman.

Suspensi
KompasOtomotif  mendapat kesempatan mencoba varian otomatis. Untuk membuktikan kelincahan Livina yang diklaim NMI All New itu melakukan zig-zag empat kali di antara jajaran cone dengan kecepatan 25 sampai 35 kpj masih stabil dan tidak ada pergeseran body. Setelah itu langsung disambut gundukan dari kayu untuk merasakan ayunan suspensi. Bantingan juga masih nyaman namun terasa agak lebih keras dibanding versi sebelumnya.

Saat ditanya soal suspensi, Hirofumi Yojo, Chief Product Specialist, Product Planning Department Nissan Motor Company mengutarakan, untuk sistem dan material tidak ada perbedaan. Hanya ada ubahan pada tingkat kekerasan dari sokbreker.

Pandangan
Kemudian, ada "garasi" terbuat dari cone yang harus dimasuki mundur, tujuannya agar pengemudi bisa memantau posisi cone sebagai pembuktian kalau ukuran spion luar yang lebar memberi pandangan luas. Namun, sebelum parkir, mobil diharuskan mengitari 4 cone dengan posisi setir mentok. Ternyata, radius putar Livina kecil (5,3 meter).

Terakhir, sebelum menyentuh garis finis, peserta dituntut melakukan akselerasi ringan hingga 60 kpj dan langsung ngerem keras. Berkat adanya ABS, EBD, dan BA mobil tidak "nyerosot" . Namun hal tersebut belum membuat KompasOtomotif puas. Setelah minta izin pada instruktur untuk mengulang, saat mengerem setir dibelokkan. Ternyata, kelengkapan keselamatan aktif tersebut  bekerja optimal.

Saat berlangsung tes, kesenyapan di kabin semakin baik. Teddy Irawan, Wakil Presiden Layanan Purna Jual dan Perencanaan Produk NMI mengatakan penggunaan material karet pintu yang lebih baik membuat kabin lebih senyap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com