Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Melaju di Es Pakai Honda Bebek C90!

Kompas.com - 22/05/2013, 11:30 WIB

Finlandia, KompasOtomotif – Bagi Ed March, tidak butuh BMW R1200GS  seperti yang banyak dilakukan orang-orang Eropa untuk berpetualang menaklukkan segala medan. Cukup menggunakan Honda Super Cub C90 lansiran tahun 1980-an, pria Inggris itu membuktikan bahwa adventure tak harus mahal.

Hanya mengganti ban standar dengan model garuk tanah dan aksesori tambahan, Ed baru saja menaklukkan padang es Arktik yang terbentang di belahan bumi bagian Utara. Dia sendirian dengan membawa bekal kamera, tripot, peralatan kemah, dan bendera Inggris. ”Saya tidak mampu membeli BMW R1200GS, dan saya pikir tidak butuh,” komentarnya.

Lalu, kenapa C90? Selain murah, di website-nya dia bilang kalau bebek ini sangat kuat dan irit. Meski tahun produksi tua, tidak membuatnya mudah mogok. ”Sepeda motor ini seperti kuda. Bayangkan, empat liter bensin bisa untuk berjalan 160 km, tidak mungkin dilakukan BMW R1200GS,” urai Ed. Ditambahkannya, berbagai kondisi jalan sudah pernah dilalui bersama Honda C90. Jalanan yang kadang sangat ekstrem berlumpur, bebatuan, dan turunan terjal, tak membuat Ed khawatir. ”Fairing pecah, garpu bengkok, cat tergores, yang harus dilakukan hanyalah terus berjalan,” bebernya.

Apa yang dilakukan Ed bukan yang pertama. Ia pernah menempuh dari Malaysia menuju Inggris, juga sama C90 ini yang menghabiskan waktu delapan bulan, menempuh 23.200 km. Kebutuhannya bergantung pada donasi pembaca web yang diciptakannya untuk mendokumentasikan segala peristiwa yang dialami, dan menjual CD berisi rangkuman perjalanan.

Perjalanan selanjutnya sudah dirancang, dia menyiapkan petualangan disebut ”Chonda” yang berarti Chinese Honda. Lagi-lagi, rute sulit ditempuhnya dari Mongolia menyusuri sejumlah negara Eropa Utara dan Timur lalu kembali ke Inggris. Kali ini persiapannya lebih serius, Ed membawa kru film dan sepuluh pengendara lain untuk berpetualang bersama. Perjalanan akan dilakukan Juli dan memakan waktu delapan minggu.

Berikut cuplikan video Ed ketika berada di dataran es Arktik:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com