Wow, Melaju di Es Pakai Honda Bebek C90!

Kompas.com - 22/05/2013, 11:30 WIB
Ed dan Honda C90 berpose di padang es Arktik. Ed dan Honda C90 berpose di padang es Arktik.
EditorAris F Harvenda

Finlandia, KompasOtomotif – Bagi Ed March, tidak butuh BMW R1200GS  seperti yang banyak dilakukan orang-orang Eropa untuk berpetualang menaklukkan segala medan. Cukup menggunakan Honda Super Cub C90 lansiran tahun 1980-an, pria Inggris itu membuktikan bahwa adventure tak harus mahal.

Hanya mengganti ban standar dengan model garuk tanah dan aksesori tambahan, Ed baru saja menaklukkan padang es Arktik yang terbentang di belahan bumi bagian Utara. Dia sendirian dengan membawa bekal kamera, tripot, peralatan kemah, dan bendera Inggris. ”Saya tidak mampu membeli BMW R1200GS, dan saya pikir tidak butuh,” komentarnya.

Lalu, kenapa C90? Selain murah, di website-nya dia bilang kalau bebek ini sangat kuat dan irit. Meski tahun produksi tua, tidak membuatnya mudah mogok. ”Sepeda motor ini seperti kuda. Bayangkan, empat liter bensin bisa untuk berjalan 160 km, tidak mungkin dilakukan BMW R1200GS,” urai Ed. Ditambahkannya, berbagai kondisi jalan sudah pernah dilalui bersama Honda C90. Jalanan yang kadang sangat ekstrem berlumpur, bebatuan, dan turunan terjal, tak membuat Ed khawatir. ”Fairing pecah, garpu bengkok, cat tergores, yang harus dilakukan hanyalah terus berjalan,” bebernya.

Apa yang dilakukan Ed bukan yang pertama. Ia pernah menempuh dari Malaysia menuju Inggris, juga sama C90 ini yang menghabiskan waktu delapan bulan, menempuh 23.200 km. Kebutuhannya bergantung pada donasi pembaca web yang diciptakannya untuk mendokumentasikan segala peristiwa yang dialami, dan menjual CD berisi rangkuman perjalanan.

Perjalanan selanjutnya sudah dirancang, dia menyiapkan petualangan disebut ”Chonda” yang berarti Chinese Honda. Lagi-lagi, rute sulit ditempuhnya dari Mongolia menyusuri sejumlah negara Eropa Utara dan Timur lalu kembali ke Inggris. Kali ini persiapannya lebih serius, Ed membawa kru film dan sepuluh pengendara lain untuk berpetualang bersama. Perjalanan akan dilakukan Juli dan memakan waktu delapan minggu.

Berikut cuplikan video Ed ketika berada di dataran es Arktik:



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X